Text
Pengaruh Leader Member Exchange (LMX) dan persepsi dukungan organisasi terhadap keterlibatan kerja guru SMA swasta di Kecamatan Bekasi Selatan
RINGKASAN
Model pertukaran pemimpin-anggota kepemimpinan berkisar interaksi antara atasan dan bawahan pada pengembangan bentuk dari mereka yang sebelumnya dibahas dalam fokus pada kualitas hubungan antara manajer dan bawahan yang bertentangan dengan perilaku atau sifat-sifat baik pemimpin atau pengikut. Stephen P. Robbins dan Timothy A.Judge mengatakan: “leader member exchange (LMX) a theory that support leaders creation of ingroup and outgroups; subordinates with ingroup status will have higher performance ratings, less turnover and great job satisfaction”. Teori pertukaran anggota dan pemimpin bahwa para pemimpin dukungan penciptaan didalam group dan luar group; bawahan dengan Status didalam group akan memiliki peringkat kinerja yang lebih tinggi, kurang dan kepuasan kerja yang besar. Menurut Angelo Kiniciki dan Mel Fugate menjelaskan, “perceived organizational support (POS) reflect the extent to which employees believe their organizational values their contributions and genuinely cares about their well-being. perceptions of support can be either positive or negative. how does pos impact employees”. Apa yang dirasakan pegawai terhadap dukungan organisasi mencerminkan sejauh mana pegawai percaya nilai-nilai organisasi mereka kontribusi mereka dan benar-benar peduli tentang kesejahteraan mereka. persepsi dukungan dapat bersifat positif atau negatif. Stephen P. Robbins, dan Timothy A. Judge mengatakan, “leader member exchange theory argues that, because of time pressures, leaders establish a special relationship with a small group of their followers. these individuals make up in group they are trusted, get a disproportionate amount of the leaders's attention and are more likely to receive special privileges. other followers fall into the out group.” Teori pertukaran anggota pemimpin berpendapat bahwa, karena tekanan waktu, para pemimpin membangun hubungan khusus dengan sekelompok kecil pengikut mereka. Orang membuat kelompok mereka dipercaya, mendapatkan jumlah yang tidak proporsional perhatian para pemimpin dan lebih mungkin untuk menerima hak-hak istimewa. pengikut lainnya jatuh ke dalam kelompok keluar.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis data secara inferensial. Hasil uji coba instrumen LMX dari 35 butir pernyataan yang di ujicobakan terdapat 32 butir yang valid dengan koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,928. Hasil uji coba instrumen POS dari 35 butir pernyataan yang di ujicobakan terdapat 31 butir yang valid dengan koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,912 Hasil uji coba instrumen keterlibatan kerja dari 35 butir pernyataan yang di ujicobakan terdapat 30 butir yang valid dengan koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,909. Analisis data penelitian dilakukan dengan statistic deskriptif. Dan pengujian persyaratan analisis dilakukan uji normalitas galat taksiran dengan menggunakan teknik lilefors dan uji linieritas. Pengujian hipotesis dengan teknik regresi, korelasi sederhana. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari variable bebas terhadap variable terikat tercermin koefisien jalur. Hasil pembuktian hipotesis pertama terdapat pengaruh LMX terhadap keterlibatan kerja. Koefisien korelasi antara LMX dengan keterlibatan kerja sebesar r13=0.387 dengan koefisien jalur (p31) sebesar 0,307. Pembuktian hipotesis kedua terdapat pengaruh negosiasi terhadap keterlibatan kerja. Koefisien korelasi antara POS dengan keterlibatan kerja sebesar r23=0.372 dengan koefisien jalur (p32) sebesar 0,286. Pembuktian hipotesis ketiga terdapat pengaruh LMX terhadap POS. Koefisien korelasi antara LMX dengan POS sebesar r12=0.281 dengan koefisien jalur (p21) sebesar 0,281. Dari ketiga pembuktian hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung LMX terhadap keterlibatan kerja yang artinya, penerapan leader member exchange yang tepat dapat meningkatkan keterlibatan kerja guru di sekolah.Terdapat pengaruh langsung POS terhadap keterlibatan kerja yang artinya, dukungan organisasi yang maksimal kepada para guru dapat meningkatkan keterlibatan kerja guru.Terdapat pengaruh langsung LMX terhadap POS yang artinya, leader member exchange yang di terapkan dengan tepat dapat meningkatkan persepsi dukungan organisasi guru terhadap sekolah dimana mereka bekerja. Untuk meningkatkan keterlibatan kerja dapat dilakukan dengan meningkatkan leader member exchange dan persepsi dukungan organisasi Bibliografi : lembar 83-85
TM00002226 | TM 2226 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain