Text
Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di kelas VIII C SMP Negeri 49 Jakarta.
ABSTRAK
NASTITI ADZIMAH. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII-C SMPN 49 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2017. Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes kemampuan awal pemahaman konsep matematika yang dilakukan di kelas VIII-C SMP Negeri 49 Jakarta, dapat dikatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih tergolong rendah, sehingga kemampuan tersebut perlu ditingkatkan. Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-C SMP Negeri 49 Jakarta melalui penerapan pendekatan CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pembelajaran di setiap siklus dengan menerapkan pendekatan CTL. Siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini berlangsung dari bulan April hingga Mei 2016 di kelas VIII-C SMP Negeri 49 Jakarta tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa di kelas sebanyak 36 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematika yang diberikan setiap akhir siklus. Rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-C pada penelitian pendahuluan adalah 51,28, pada siklus I meningkat menjadi 69,11, pada siklus II meningkat menjadi 79,07, dan pada siklus III meningkat menjadi 86,14. Jumlah siswa yang mencapai atau melebihi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada tes akhir siklus juga mengalami peningkatan. Pada penelitian pendahuluan terdapat 3 siswa (8.33%), pada siklus I meningkat menjadi 7 siswa (19,44%), pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa (58,33%), dan pada siklus III meningkat menjadi 31 siswa (86,11%)
Kata kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Pendekatan CTL Bibliografi : lembar 218--221
SS00012156 | SK 12156 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain