Text
Pengaruh strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here terhadap pembelajaran membaca bahasa Jepang : penelitian eksperimen pada siswa SMA Muhammadiyah 23 Jakarta kelas XII tahun ajaran 2016/2017.
ABSTRAK
Winna Widya Lestari. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran aktif Everyone Is A Teacher Here Terhadap Pembelajaran Membaca Bahasa Jepang (Penelitian Eksperimen pada Siswa SMA Muhammadiyah 23 Jakarta kelas XII tahun ajaran 2016/2017). Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Pada SMA Muhammadiyah 23 Jakarta dalam pelajaran membaca bahasa Jepang metode yang digunakan ialah metode ceramah, drill secara berulang serta menerjemahkan bersama guru. Metode tersebut dirasakan belum efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca, dikarenakan belum dapat mengaktifkan seluruh siswa untuk dapat berperan langsung dalam proses pembelajaran. Untuk itu, penelitian dalam pembelajaran membaca bahasa Jepang relevan untuk dilakukan. Strategi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang pada penelitian ini adalah Everyone Is A Teacher Here. Karena dengan Everyone Is A Teacher Here siswa memiliki lebih banyak kesempatan untuk aktif dalam mengemukakan pendapatnya sesuai wacana dengan cara bertanya dan menjawab pertanyaan kepada siswa lain, aktif dalam diskusi kelompok dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertindak sebagai guru bagi siswa lain dalam pembelajaran, serta dengan Everyone Is A Teacher Here siswa dapat melatih diri mereka untuk berani dan percaya diri dalam mengemukakan pendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif Everyone Is A Teacher Here terhadap pembelajaran membaca bahasa Jepang, siswa kelas XII IPA 2 pada SMA Muhammadiyah 23 Jakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berupa tes tulis dan non-tes berupa angket dan wawancara kepada guru bahasa Jepang SMA Muhammadiyah 23 Jakarta sebagai observasi awal. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here dalam pembelajaran membaca bahasa Jepang terdapat perbedaan nilai rata-rata pre-test dan post-test. Perolehan nilai rata-rata pretest adalah 51.05 dan nilai rata-rata posttest adalah 83.16, sehingga terdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 32.11. Berdasarkan pada taraf signifikansi 5 % pada derajat kebebasan (db) = 74 maka didapatkan ttabel sebesar 1.996 dan thitung sebesar 10.93. Dengan demikian, berarti thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung> ttabel) sehingga Hk diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif Everyone Is A Teacher Here terdapat pengaruh yang signifikan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Jepang dan meningkatkan tingkat keaktifan pada siswa kelas XII IPA 2 SMA Muhammadiyah 23 Jakarta.
Kata kunci : Strategi, Everyone Is A Teacher Here, pembelajaran membaca Bibliografi : lembar 126-129
SS00012167 | SK 12167 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain