Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap penguasaan pola kalimat bahasa Jepang. : penelitian eksperimen terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 114 Jakarta
ABSTRAK
Sausan Salwa Karimah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadapa Penguasaan Pola Kalimat Bahasa Jepang ( Studi Eksperimen terhadap Siswa kelas XI SMA Negeri 14 Jakarta). Skripsi, Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Pembelajaran mengenai pola kalimat merupakan hal yang sangat penting dalam pelajaran bahasa Jepang. Karena dengan penggunaan pola kalimat yang baik dan tepat maka maksud pesan juga dapat tersampaikan dengan baik dan tepat. Begitupun sebaliknya, kesalahan dalam penggunaan kalimat dapat menyebabkan kesalahan penafsiran. Pada pembelajaran bahasa Jepang di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 14 Jakarta tahun 2016/2017 metode pengajaran yang digunakan ialah metode ceramah. Dikarenakan metode ini bersifat teacher center maka dirasa kurang efektif untuk meningkatkan peran aktif seluruh siswa selama pembelajaran di kelas, khususnya mengenai pola kalimat bahasa Jepang. Dan kurangnya motivasi dari pengajar dan sikapacuhtakacuhantar siswa mengakibatkan pembelajaran terpusat hanya pada siswa yang aktif saja. Untuk itu penelitian dalam pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang relevan untuk dilakukan. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini ialah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Dengan model pembelajaran ini mendorong seluruh siswa agar dapat berperan aktif selama pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak hanya terpusat pada beberapa siswa yang aktif atau yang menguasai pelajaran saja. Dan dengan adanya kesamaan tujuan atau target kelompok yang harus dicapai maka akan timbul motivasi antar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division) terhadap penguasaan pola kalimat bahasa Jepang. Sebelum treatment sampel akan diberi pretest untuk mengetahui kemampuan awal mereka, lalu setelah diberi treatment sampel akan kembali diukur untuk melihat adaatautidaknyapengaruh treatment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil hitung regresi sederhana diketahui terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe STAD terhadap penguasaan pola kalimat bahasa Jepang siswa kelas XI SMA Negeri 14 Jakarta sebesar 20,30%. Berdasarkan perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 51,22 dan nilai rata-rata posttest sebesar 90,61, terdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 39,39. Dari hasil perhitungan statistik dengan taraf signifikansi 5% pada derajat kebebasan (db) = 70, diperoleh
SS00012168 | SK 12168 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain