Text
Pengaruh kepercayaan dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru SMK Negeri wilayah 1 Jakarta Timur
RINGKASAN
Dalam mencapai tujuan, lembaga Sekolah seringkali menghadapi hambatan-hambatan berupa rendahnya kinerja guru hal tersebut di tandai dengan sebagian besar guru belum terampil menggunakan beberapa model pembelajaran, minimnya ketersediaan alat praktek dan bahan belajar,latar belakang pendidikan yang tidak sesuai, dalam hal implementasi atau proses pelaksanaan kurikulum kurang mendapat sosialisasi, guru mengalami kesulitan dalam membuat rencana pembelajaran, metode yang dikembangkan masih didominasi metode ceramah, kesulitan memanfaatkan dan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa, kesulitan dalam mengoperasikan peralatan, merawat dan mengganti suku cadang yang rusak. Hal ini sejalan apa yang dinyatakan oleh Stephen P. Robbins bahwa, “trust between supervisors and employees is related to a number of positive employment outcomes”. Lebih lanjut Menurut SuzanneC. DeJanasz, “trust impact the effectiveness of internal and external communication and influences the actions of organizational stakeholders”. Menurut Certo mengungkapkan bahwa,”in leading employees, a supervisor is asking them to go somewhere new, to strive for a more challenging goal. Employees will be reluctant to take a change on pursuing the Komunikasi Interpersonalon's vision unless they feel they can trust the supervisor. Lebih lanjut Menurut Rachid Zeffane,”the quality and frequency of communication goes a long way toward creating an atmosphere of trust. Therefore, efective communication is an essential ingredient for trust between employees as well as trust between managers and employee. Menurut Fred Luthans,”besides feedback, other variables, such as trust, expectations, values, status, and compatibility, greatly influence the interpersonal aspects of communication. If the subordinate does not trust the boss, there will be ineffective communication. Maka dari itu peneliti ingin mengkaji secara ilmiah apakah kepercayaan dan komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survei dan pendekatan kuantitatif. Populasi yang menjadi sasaran dalam penelitian adalah guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Wilayah I Jakarta Timur dengan jumlah sampel sebanyak 177 guru. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang sebelumnya telah diuji coba. Berdasarkan hasil uji coba, variabel kinerja diukur menggunakan 35 butir pernyataan dengan koefisien reliabilitas 0,964, variabel kepercayaan diukur menggunakan 35 butir pernyataan dengan koefisien reliabilitas 0,940, variabel komunikasi interpersonal diukur menggunakan 33 butir pernyataan dengan koefisien reliabilitas 0,908. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi dan jalur. Hasil uji signifikansi koefisien jalur pengaruh kepercayaan terhadap kinerja menunjukkan nilai koefisien korelasi 0,611 dan koefisien jalur 0,471. Ini berarti semakin tinggi tingkat kepercayaan kepala sekolah mengakibatkan peningkatan kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Wilayah I Jakarta Timur. Hasil uji signifikansi koefisien jalur pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja menunjukkan nilai koefisien korelasi 0,531 dan koefisien jalur 0,332. Sehingga terdapat pengaruh langsung positif komunikasi interpersonal terhadap kinerja. Artinya semakin tinggi komunikasi interpersonal akan mengakibatkan peningkatan kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Wilayah I Jakarta Timur. Hasil uji signifikansi koefisien jalur pengaruh kepercayaan terhadap Komunikasi Interpersonal menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,422 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,422. Peningkatan kepercayaan kepala sekolah mengakibatkan peningkatan Komunikasi Interpersonal Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Wilayah I Jakarta Timur. Dengan hasil tersebut, maka implikasinya adalah kinerja dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan kepercayaan dan komunikasi interpersonal
ABSTRACT
THE EFFECT OF TRUST AND INTERPERSONAL CUMMUNICATION TOWARD TEACHER’S JOB PERFORMANCE STATE VOCATIONAL HIGH SCHOOL REGION I OF EAST JAKARTA
AGUSTINA DIAH ARIE PANCA RINI
The purpose of this research is to know the effect of trust and interpersonal communication toward teacher’s job performance state Vocational high school region I of east Jakarta. The research was conducted using survey method with quantitative approach and path analysis technique. The population of this research is 319 teachers. Research samples selected as much as 177 teachers were selected using simple random sampling technique. The data was obtained through questionnaires and analyzed using path analysis techniques. Based on the results of the data analysis in this research, it is concluded: (1) the trust have positive direct effect to job performance; (2) the interpersonal communication have positive direct effect to job performance; (3) the trust have positive direct effect to interpersonal communication. The job performance can be improved through improvement of trust and interpersonal communcation.
Keywords: Job performance, Trust and Interpersonal communication
Bibliografi : lembar 142-144
TM00002191 | TM 2191 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain