Text
Pengaruh penerapan strategi belajar Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R) pada pembelajaran kimia terhadap hasil belajar siswa
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW (PQ4R) PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Nurnian Sari
Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
ABSTRAK
Proses pembelajaran tidak lepas dari kegiatan membaca siswa. Kurangnya minat baca siswa dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Peningkatan minat baca siswa dapat dilakukan dengan strategi-strategi khusus sehingga menghasilkan hasil belajar siswa yang tinggi. Strategi belajar Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R) berguna untuk meningkatkan ingatan dan pemahaman siswa melalui kegiatan membaca. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R) terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi reaksi oksidasi-reduksi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Juni 2016 di SMA N 54 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan desain posttest only control design. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga didapatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan menerapkan strategi PQ4R sedangkan kelas kontrol menerapkan metode ceramah, diskusi, demonstrasi dan tanya jawab. Strategi belajar PQ4R terdiri dari enam tahap, yaitu preview (melihat sekilas), question (membuat daftar pertanyaan), read (membaca), reflect (merefleksikan bacaan), recite (membuat intisari) dan yang terakhir review (membaca kembali lembar kerja PQ4R). Instrumen penelitian berupa tes untuk mengukur hasil belajar dan instrumen pendukung berupa lembar observasi serta kuisioner siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen (rata-rata = 78,52) lebih besar daripada kelas kontrol (rata-rata = 63,61). Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung = 3,55 dan ttabel = 1,67 dengan dk = 68. Hasil uji t diperoleh nilai thitung>ttabel, sehingga Ho ditolak pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi belajar Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R) berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi oksidasi-reduksi.
Kata kunci Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review(PQ4R), hasil belajar, reaksi oksidasi-reduksi.
Bibliografi : lembar 85-86
SS00011780 | SK 11780 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain