Text
Design research, pengembangan model pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD) berbantuan program geogebra materi jarak pada dimensi tiga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas X IIS SMAN 30 Jakarta
ABSTRAK
SAFRIELANITA DEYAWARDANI. Design Research: Pengembangan Model
Pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD) Berbantuan Program
Geogebra Materi Jarak pada Dimensi Tiga untuk Meningkatkan Kemampuan
Pemahaman Konsep Siswa Kelas X IIS SMAN 30 Jakarta. Skripsi. Jakarta:
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2016.
Dimensi tiga merupakan salah satu materi geometri dalam pembelajaran
matematika yang sering dianggap sulit oleh siswa dalam visualisasi atau
pengambaran bentuknya. Belum lagi dalam mencari jarak pada dimensi tiga
dibutuhkan kemampuan pemahaman yang cukup dan visualisasi yang benar. Hal
itu menyebabkan langkah atau pencarian jarak pada dimensi tiga siswa sering
terjadi kesalahan. Selain itu, siswa yang kurang menyadari bentuk bangun ruang
atau dimensi tiga di sekitar lingkungannya pasti akan mengalami kesulitan dalam
menemukan jarak pada dimensi tiga. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan
mengembangkan model STAD berbantuan program Geogebra untuk materi jarak
pada dimensi tiga di kelas X IIS SMA Negeri 30 Jakarta.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IIS 4 SMA Negeri 30 Jakarta pada
akhir bulan April hingga awal bulan Mei 2016, selama tiga hari. Penelitian ini
menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga fase siklik yaitu, fase
persiapan dan desain, fase eksperimen mengajar, dan fase analisis retrospektif.
Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari hipotesis lintasan
belajar, lembar aktivitas siswa, dan catatan lapangan. Validitas yang digunakan
pada penelitian ini adalah validitas internal dan eksternal, begitu juga dengan
reliabilitasnya menggunakan reliabilitas internal dan eksternal. Aktivitas di kelas
menggunakan konteks jarak minimum yang kemudian dihubungkan dengan
konsep jarak pada dimensi tiga. Siswa dapat memperoleh gambaran bentuk
bangun ruang dengan menggunakan program Geogebra dan siswa dapat
memperoleh beberapa cara dalam menemukan jarak pada dimensi tiga.
Berdasarkan hasil analisis retrospektif, konteks yang digunakan dapat
menanamkan pemahaman konsep siswa mengenai jarak pada dimensi tiga,
sedangkan pada materi jarak antara titik dan titik dibutuhkan konteks agar siswa
dapat lebih mudah memahami konsep dengan baik. Secara keseluruhan
penggunaan konteks dan model yang tepat serta peran aktif siswa dan guru dalam
pembelajaran dengan model STAD berbantuan program Geogebra dapat
mengarahkan siswa dalam mengembangkan pemahaman konsep dan cara dalam
materi jarak pada dimensi tiga.
Kata Kunci: Design Research, Dimensi Tiga, Jarak, STAD, Program Geogebra
Bibliografi : lembar 90-91
SS00011777 | SK 11777 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain