Text
Pengaruh gaya belajar David Club (Diverger, Assimilator, Converger, Accommodator) terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan
ABSTRAK
GITA SULISTIANINGRUM. Pengaruh Gaya Belajar David Kolb
(Diverger, Assimilator, Converger, Accommodator) terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi. Jakarta:
Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Gaya belajar merupakan cara yang kompleks dimana seseorang merasa
paling efektif dan efisien dalam proses belajar. David Kolb membagi gaya
belajar menjadi empat kelompok yaitu diverger, assimilator, converger,
dan accommodator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
gaya belajar David Kolb (diverger, assimilator, converger, accommodator)
terhadap hasil belajar siswa pada materi Pencemaran Lingkungan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 105 Jakarta pada bulan April –
Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Ex Post
Facto dengan teknik survei. Penentuan jumlah sampel untuk tiap gaya
belajar yaitu berdasarkan kelompok gaya belajar yang memiliki jumlah
siswa paling kecil. Jumlah sampel yang digunakan untuk tiap gaya belajar
adalah 11 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata
hasil belajar yang berbeda antara keempat gaya belajar. Uji prasyarat
analisis menunjukan data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan
uji hipotesis dengan menggunakan ANAVA satu arah diketahui bahwa
pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik memiliki Fhitung > Ftabel,
oleh karena itu tolak H0 pada taraf signifikansi 0,05. Hal itu berarti terdapat
pengaruh gaya belajar David Kolb (diverger, assimilator, converger,
accommodator) terhadap hasil belajar siswa pada materi Pencemaran
Lingkungan.
Kata kunci : accommodator, assimilator, converger, diverger, gaya belajar,
hasil belajar, pencemaran lingkungan
Bibliografi : lembar 90-92
SS00011776 | SK 11776 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain