Text
Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 289 Jakarta
ABSTRAK
Ade Aisyah, Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 289 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki siswa. Siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik menandakan bahwa siswa tersebut telah menguasai pemahaman konsep dan selanjutnya dapat menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah hingga pada kemampuan matematika yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe CIRC (cooperative integrated reading and composition) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 289 Jakarta tahun ajaran 2015/2016 khususnya pada materi bangun ruang prisma dan limas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan two stage random sampling, yaitu pemilihan sampel dengan dua tahap. Dari tiga kelas diperoleh dua kelas, yaitu VIII.B sebagai kelas eksperimen (pembelajaran kooperatif tipe CIRC) dan VIII.C sebagai kelas Kontrol (konvensional). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bangun ruang prisma dan limas sebanyak 4 soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi dan validitas konstruk oleh dosen ahli dan guru.
Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen, oleh karena itu hipotesis statistik dihitung menggunakan statistik uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil pengujian diperoleh nilai
SS00011774 | SK 11774 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain