Text
Pengaruh self-efficacy dan motivasi terhadap hasil belajar biologi siswa : studi kausal terhadap siswa SMA Negeri 53 Jakarta
ABSTRAK
VINA NOVIANTI, Pengaruh Self-Efficacy dan Motivasi terhadap Hasil
Belajar Biologi Siswa (Studi Kausal terhadap Siswa SMA Negeri 53
Jakarta). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Hasil belajar digunakan sebagai ukuran untuk mengetahui seberapa jauh
kemampuan siswa dalam menguasai materi yang sudah dipelajari. Hasil
belajar yang dicapai oleh siswa pada dasarnya merupakan hasil interaksi
antara berbagai faktor. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar
siswa diantaranya self-efficacy dan motivasi. Namun, seringkali siswa kurang
menyadari self-efficacy dan motivasi yang dimilikinya. Untuk memperoleh
hasil belajar yang baik, diperlukan adanya self-efficacy dan motivasi yang
baik sehingga dapat mendukung hasil belajar siswa. Pengaruh self-efficacy
dan motivasi memiliki peranan penting dalam menentukan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy dan motivasi
terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAN 53
Jakarta pada Februari-April 2016. Metode yang digunakan adalah metode
penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif-kausal menggunakan
analisis jalur. Sampel yang digunakan sebanyak 100 siswa. Berdasarkan
pengujian hipotesis, diperoleh nilai koefisien jalur X1 terhadap X2 sebesar
0,479 , X2 terhadap X3 sebesar 0,424 , serta koefisien jalur X1 terhadap X3
melalui X2 sebesar 0,2031. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh tidak langsung variabel self-efficacy terhadap hasil belajar
biologi melalui variabel motivasi pada siswa SMAN 53 Jakarta dan pengaruh
tidak langsung variabel self-efficacy memberikan kontribusi sebesar 0,2031
terhadap hasil belajar biologi melalui variabel motivasi pada siswa SMAN 53
Jakarta.
Kata Kunci: self-efficacy, motivasi, hasil belajar biologiBibliografi : lembar 76-77
SS00011773 | SK 11773 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain