Text
Upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Math-Talk Learning Community (MTLC) di kelas VIII. I SMP Negeri 47 Jakarta
ABSTRAK
GESTY SETIAWATY. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dengan Menggunkan Model Pembelajaran Math-Talk Learning Community (MTLC) di Kelas VIII.1 SMP Negeri 47 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2016.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 47 Jakarta. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi adalah dengan menggunakan model pembelajaran Math-Talk Learning Community (MTLC), yaitu suatu model yang menerapkan empat tahap pembelajaran: questioning, explaining mathematical thingking, source of mathematical ideas, responsibility for learning, dengan menggunakan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) sebagai instrumen dalam membantu siswa untuk dapat memahami setting masalah yang disajikan. Dengan memperhatikan aspek utama dari penelitian ini, yaitu: (1) menyatakan ide-ide matematis melalui lisan, tulisan, serta menggambarkan secara visual; (2) menginterpretasikan dan mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan maupun tertulis; (3) menggunakan istilah-istilah, simbol-simbol matematika, dan struktur-strukturnya untuk memodelkan situasi atau permasalahan matematika; diharapkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 47 Jakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis classroom action research (penelitian tindakan kelas), yang terdiri dari empat tahapan yang membentuk siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII.1 pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016, di SMP Negeri 47 Jakarta, dengan jumlah siswa 36 orang.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kemampuan komunikasi matematika siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Rata-rata skor tes akhir yang dilakukan pada prasiklus adalah 49,3. Skor tes pada siklus I adalah 62,44, pada siklus II adalah 86,9 dan pada siklus III adalah 94,19. Persentase siswa yang melampaui dan mencapai standar kemampuan komunikasi matematika pada siklus I sebesar 38%, pada siklus II sebesar 83% dan pada siklus III sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Math-Talk Learning Community (MTLC) di kelas VIII.1 SMP Negeri 47 Jakarta dapat meningkatkan kemampuan komuniksi matematika siswa kelas VIII tersebut.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematika,
Model Pembelajaran Math-Talk Learning Community (MTLC)
Bibliografi : lembar : 112
SS00011753 | SK 11753 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain