Text
Meningkatkan ketrampilan gerak dasar lokomotor melalui kegiatan berbasis permainan pada siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Cipayung 02 Jakarta Timur.
ABSTRAK
ADNAN KASOGI. MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR LOKOMOTOR MELALUI KEGIATAN BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI CIPAYUNG 02 JAKARTA TIMUR.
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak
Dasar Lokomotor Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Cipayung 02
Jakarta Timur. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan
kelas (Classroom Action Research) dengan pengambilan data kualitatif dan
kuantitatif. Pelaksanaan penelitian melibatkan satu orang guru pendidikan
jasmani dan kesehatan sebagai kolabolator yaitu Ibu Sukmawati S.Pd.
penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober dan November 2016, dilakukan
sebanyak 2 siklus, yaitu siklus 1 terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus 2
terdiri dari 2 kali pertemuan.
Kegiatan siklus pertama yang di direalisasikan melalui tindakan
memberikan hasil sebagai berikut: 1) Guru memberikan motivasi kepada
siswa sesuai rencana dan desain pembelajaran, hasilnya adalah 19 siswa
aktif mengikuti pembelajaran, 8 siswa sedang, dan 3 siswa pasif. 2)
Berdasarkan hasil belajar siklus 1 nilai siswa dalam pembelajaran gerak
dasar lokomotor (Jalan) 66. (Lari) 66. dan (Lompat) 65.
ii
Kegiatan siklus kedua yang di realisasikan melalui tindakan hasil
refleksi dari siklus 1 memberikan hasil sebagai berikut : 1) Guru memberikan
motivasi kepada siswa sesuai rencana dan desain pembelajaran, hasilnya
adalah 25 siswa aktif mengikuti pembelajaran, 3 siswa sedang dan siswa 2
pasif. 2) Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus 2 nilai rata-rata dalam
pembelajaran gerak dasar lokomotor (Jalan) 77, (Lari) 75, dan (Lompat) 75.
Setelah melakukan permainan penelitian maka dapat disimpulkan
bahwa dengan penerapan kegiatan berbasis permainan dalam pembelajaran
mampu meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor siswa kelas 1
Sekolah Dasar Negeri Cipayung 02 Jakarta Timur.
Biibliografi : lembar 110 - 111
SS00012309 | SK 12309 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain