Text
Analisis kesalahan pemahaman konsep teorema pythagoras pada siswa kelas VIII SMP : suatu penelitian deskriptif di SMP Negeri I Bekasi
ABSTRAK
ANNIS KURNIA RAMADHANI. Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras pada Siswa Kelas VIII SMP (Suatu Penelitian Deskriptif Di SMP Negeri 1 Bekasi). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan dalam pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bekasi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya kesalahan dalam pemahaman konsep dan seberapa besar persentase tingkat kesalahan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bekasi. Materi yang diujikan pada penelitian ini adalah teorema Pythagoras.
Penelitian ini berlangsung pada bulan Maret hingga April 2015 yang dilakukan di SMP Negeri 1 Bekasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di dua kelas dari sembilan kelas VIII yang ada di SMP Negeri 1 Bekasi. Dari kedua kelas tersebut, ditetapkan sebanyak 7 siswa sebagai subjek penelitian yang diwawancara, yaitu 2 siswa kelompok atas, 3 siswa kelompok tengah, dan 2 siswa kelompok bawah. Adapun pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sepuluh butir soal matematika yang berbentuk uraian yang dikembangkan dari indikator materi dan pemahaman konsep, serta pedoman wawancara semiterstruktur.
Berdasarkan hasil penelitian, dikelompokkan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal yaitu kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, kesalahan teknis, dan kesalahan penarikan kesimpulan, dengan persentase kesalahan konsep 39,29%, kesalahan menggunakan data 3,57%, kesalahan teknis 25%, dan kesalahan penarikan kesimpulan 32,14%. Penyebab kesalahan konsep yang dilakukan siswa yaitu siswa hanya membaca soal dengan sekilas dan tidak memahami sepenuhnya maksud dari soal yang diberikan, kurang teliti dalam menentukan data-data yang diketahui dan hal yang ditanyakan dalam soal hanya terfokus pada informasi yang berupa angka saja, siswa hanya terfokus pada satu cara pengerjaan saja dan tidak mencoba menggunakan cara yang lain untuk menyelesaikan soal, terburu-buru dalam mengerjakan soal, lemah dalam memvisualisasikan soal ke dalam gambar dan kesulitan juga dalam memahami soal berbentuk gambar, serta kurangnya motivasi siswa untuk memahami soal yang diberikan karena berpikir bahwa soal yang diberikan termasuk sulit. Persentase tingkat pemahaman konsep siswa terhadap penguasaan materi teorema Pythagoras ditinjau dari banyaknya kesalahan yaitu sebanyak empat subjek dengan pemahaman konsep 90% dengan kategori paham seluruhnya, satu subjek dengan pemahaman konsep 80% dengan kategori paham sebagian, dan dua subjek dengan pemahaman konsep 70% dengan kategori paham sebagian.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Pemahaman Konsep, Teorema Pythagoras
Bibliografi : lembar 95-98
SS00011759 | SK 11759 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain