Text
Penyelenggaraan pendidikan berbasis karakter dan teknologi dalam mengatasi tantangan globalisasi : studi kasus di SMK Wikrama Kota Bogor
ABSTRAK
Rusi Rusmiati Aliyyah.
Pendidikan berbasis karakter adalah suatu sistem penanaman nilainilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Tujuan pendidikan berbasis karakter adalah untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu dan seimbang sesuai standar kompetensi lulusan. Demi tercapainya program pendidikan karakter, maka sudah seyogyanya setiap lembaga pendidikan memanfaatkan teknologi dan komunikasi sebagai media pendidikan dalam proses pembelajaran di sekolah. Dengan seimbangnya antara pendidikan karakter dan teknologi yang diberikan kepada setiap anak, diharapkan dapat menjadikan pendidikan Indonesia menjadi lebih baik dan mampu bersaing dengan dunia global. SMK Wikrama kota Bogor merupakan salah satu sekolah swasta yang maju dalam pendidikan karakter dan teknologi nya. Penelitian ini di fokuskan pada penyelenggaraan pendidikan berbasis karakter dan teknologi dalam mengatasi tantangan globalisasi yang terdiri dari perencanaan, penggerakan dan pengawasan pendidikan berbasis karakter dan teknologi. Penelitian ini mengacu kepada konsep George Robert Terry tentang fungsi manajemen yang mengatakan bahwa ” management is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating and controlling, performed to determine and accomplish stated objective by the use of human beings and other resources”.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Wikrama kota Bogor. Studi kasus dalam penelitian ini menggunakan explanatoris Case Studi.
Bibliografi : lembar 206-209
TM00004826 | TM 4826 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain