Text
Pengaruh penerapan brain based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa
PENGARUH PENERAPAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP
HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA
Rury1; Nurbaity dan Sukro2
1 (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Jakarta)
2 (Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Jakarta)
Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No 10, Rawamangun 13220, Jakarta,
Indonesia
Corresponding author: rurynabia25@gmail.com (Rury Nabia)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Brain
Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Penelitian
dilakukan pada Januari 2016 di SMAN 1 Setu Bekasi pada semester 2 tahun
ajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode Quasi Experiment, Posttest Only
Control Design. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA 1
sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan
masing-masing 47 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive
Sampling. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan Brain Based Learning
sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan Inquiry Learning.
Uji Normalitas kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh data sampel
berdistribusi normal dan uji Homogenitas diperoleh data kedua kelompok sampel
mempunyai varian yang sama atau homogen. Hasil uji t yaitu uji beda dua sampel
independen, diperoleh harga ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat
kebebasan 92 adalah sebesar 1,66 sedangkan harga thitung sebesar 37,15. Harga
thitung>ttabel sehingga thitung signifikan menolak H0 dan menerima hipotesis
penelitian.
Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif penerapan
Brain Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa di
SMAN 1 Setu Bekasi.
Kata kunci: Brain Based Learning, Inquiry Learning, hasil belajar, asam basa.
Bibliografi : lembar 86-87
SS00011760 | SK 11760 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain