Text
Perbandingan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan strategi react dan strategi heuristik dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 216 Jakarta
ABSTRAK
MAY NOLLA HARMIN. Perbandingan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa yang diajar Menggunakan Strategi REACT dan Heuristik dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 216 Jakarta, Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan strategi REACT dan strategi Heuristik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment (penelitian semu) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Two Stage Sampling. Penelitian menggunakan hasil tes akhir (Post-test Only) yang melibatkan 66 siswa. Instrumen tes yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar sebanyak dua soal uraian. Sebelum instrumen tes digunakan, instrumen telah melalui uji validitas isi, konstruk, dan validitas empiris. Selain uji validitas juga dilakukan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach.
Hasil perhitungan dan analisis data sesudah perlakuan menunjukkan bahwa kedua kelas eksperimen, baik kelas yang menggunakan strategi REACT dan strategi Heuristik masing-masing berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki homogenitas yang sama sehingga akan dilakukan statistik uji-t dengan variansi yang sama dan taraf signifikansi
SS00011734 | SK 11734 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain