Text
Pengaruh supervisi kepala sekolah dan pengetahuan pedagogik terhadap komitmen profesi : studi kausal pada guru SMPN di Wilayah Jakarta Timur
RINGKASAN
Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Jakarta Timur dengan sasaran penelitian adalah guru Sekolah Menengah Pertama Negeri. Pengukuran untuk variabel pengetahuan pedagogik, diperoleh dari instrumen yang berbentuk tes tertulis. Sedangkan pengukuran untuk variabel supervisi Kepala Sekolah dan komitmen profesi, menggunakan kuesioner skala likert. Sebelum melaksanakan penelitian, instrumen diujicobakan terlebih dahulu pada 20 guru. Untuk variabel komitmen profesi dari 30 butir penyataan yang diujicoba, diperoleh 28 butir valid dan 2 (dua) butir tidak valid (drop), dengan reliabilitas 0,921. Untuk variabel supervisi Kepala Sekolah terdapat dari 32 butir penyataan yang diujicoba, diperoleh 30 butir valid dan 2 (dua) butir tidak valid (drop),dengan realibilitas 0,974. Sedangkan, untuk variabel pengetahuan pedagogik dari 35 butir penyataan yang diujicoba, diperoleh 28 butir valid dan 7 (tujuh) butir tidak valid (drop) dengan reabilitas 0,853. Penelitian menggunakan metode survey kausal dengan teknik analisis jalur (path analysis).
Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif supervisi Kepala Sekolah terhadap komitmen profesi yang diperlihatkan dengan nilai koefisien korelasi r13 sebesar 0,998 dan nilai koefisien jalur ρ31 sebesar 0,683. Nilai koefisien jalur ini menentukan seberapa besar varians komitmen profesi ditentukan oleh supervisi Kepala Sekolah. Sehingga dapat disimpulkan pembinaan yang dilakukan terhadap guru melalui supervisi Kepala Sekolah berakibat pada meningkatnya komitmen profesi pada guru. (2) Terdapat pengaruh langsung positif pengetahuan pedagogik terhadap komitmen profesi yang diperlihatkan dengan nilai koefisien korelasi r13 sebesar 0,997 dan nilai koefisien jalur ρ32 sebesar 0,681. Nilai koefisien jalur ini menentukan seberapa besar varians komitmen profesi ditentukan oleh pengetahuan pedagogik. Sehingga dapat disimpulkan peningkatan pada pengetahuan pedagogik yang dimiliki guru berakibat pada meningkatnya komitmen profesi pada guru. (3) Terdapat pengaruh langsung positif supervisi Kepala Sekolah terhadap pengetahuan pedagogik yang diperlihatkan dengan nilai koefisien korelasi r13 sebesar 0,462 dan nilai koefisien jalur ρ32 sebesar 0,462. Nilai koefisien jalur ini menentukan seberapa besar varians supervisi Kepala Sekolah ditentukan oleh pengetahuan pedagogik. Sehingga dapat disimpulkan pembinaan yang dilakukan terhadap guru melalui supervisi Kepala Sekolah berakibat pada meningkatnya pengetahuan pedagogik yang dimiliki oleh guru. Mengacu pada hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa komitmen profesi akan dicapai secara maksimal apabila didasarkan kepada supervisi Kepala Sekolah dan pengetahuan pedagogik. Dengan demikian dapat dikemukakan beberapa implikasi sebagai upaya dalam kaitannya untuk meningkatkan komitmen profesi: Pertama, untuk meningkatkan komitmen melalui supervisi Kepala Sekolah, dapat dilakukan dengan cara Kepala Sekolah melalui kegiatan supervisi dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dengan memberikan motivasi, dan dukungan kepada guru. Sehingga para guru merasa apa mereka kerjakan mendapatkan perhatian dari atasan. Kedua, untuk meningkatkan komitmen profesi melalui pengetahuan pedagogik dapat dilakukan dengan cara memberikan kesempatan bagi para guru untuk mengikuti pelatihan, workshop sehingga ilmu yang diperoleh menjadi berkembang akan menambah rasa percaya diri bahwa dia mampu untuk mengikuti perubahan-perubahan dalam dunia pendidikan. Karena rasa percaya diri akan membuat seseorang mempercayai kemampuan yang dimilikinya.
Bibliografi : lembar 105-111
TM00004880 | TM 4880 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain