Text
Pembelajaran membaca Al-Qur’an permulaan pada siswa tunarungu kelas II di SLB B Dian Kahuripan Jakarta Timur
PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PERMULAAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS II
(Studi Deskriptif Kualitatif di SLB B Dian Kahuripan Jakarta Timur)
(2014)
Komalasari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi secara objektif mengenai pembelajaran yang dilakukan guru siswa tunarungu. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dapat berlangsung dengan baik, karena guru dapat menciptakan kelas yang komunikatif dalam pembelajaran Al-Qur’an permulaan. Metode dan media yang digunakan guru juga sangat bervariatif sehingga mampu melibatkan hampir seluruh siswa agar berpartisipasi dalam pembelajaran. Metode tersebut adalah tanya jawab, latihan atau pembiasaan dalam melafalkan huruf hijaiyah, menggunakan permainan, dan pemberian lembar kerja untuk siswa. Oleh karena itu, guru perlu lebih mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap siswa, kemudian melibatkan beberapa pihak, seperti pihak sekolah dan orang tua agar terjalin kerjasama sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal.
Kata kunci : Membaca Al-Qur’an permulaan, Tunarungu, Deskriptif Kualitatif
LEARNING TO READ QUR’AN FOR BEGINNER OF GRADE II DEAF STUDENTS
(Descriptive Qualitative Study on the SLB B Dian Kahuripan East Jakarta)
(2014)
Komalasari
ABSTRACT
This study aims at finding out the objective description of learning conducted by teacher of deaf student. The subject of this study is the classroom teacher. This study used descriptive method through qualitative approach. The data collection was done by using observation, interview and documentation. The result of this study revealed that learning activity was going successfully because the teacher could create communicative class in learning Quran for beginner. The method and media used were varied which made students actively participated in learning activity. The method used were questioning, drilling in pronouncing Hijayah letter, using games, and giving task. This study concludes that all teachers should know about students’ ability and their needs. In addition they should work together with principle and parents to reach the goal of learning.
Keywords: Reading Quran for Beginner, Deaf student, Qualitative Descriptive
Bibliografi : Lembar 119-120
SS00002595 | SK 2595 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain