Text
Pengaruh metode Coopperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP 2 Jakarta
vi
ABSTRAK
NITA ERNITA. Pengaruh Metode Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas
VIII SMP 2 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Juli.
2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metodeCooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis teks
ulasan siswa kelas VIII SMP 2 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metodeCooperative Interated
Reading and Composition (CIRC) berpengaruhterhadap kemampuan menulis teks
ulasan siswa kelas VIII SMP 2 Jakarta.Pada tahap penilaian, terdapat sepuluh
aspek yang dinilai. Aspek tafsiran, kata sifat sikap, dan aspek kohesi koherensi
paragraf merupakan aspek yang memiliki pencapaian nilai paling tinggi dari aspek
yang lain. Pencapaian ketiga aspek tersebut menunjukkan 93% siswa sudah
mengerti mengenai tafsiran, kata sifat sikap, dan kohesi koherensi paragraf pada
saat kegiatan postes di kelas eksperimen, sedangkan aspek orientasi merupakan
aspek yang memiliki pencapaian nilai paling rendah dari aspek yang lain yaitu
sebesar 50%. Berdasarkan hasil di atas, metodeCooperative Integrated Reading
and Composition (CIRC) dapat dijadikan sebagai metode yang baik untuk
pembelajaran teks ulasan selain itu, dapat diimplikasikan terhadap materi
pembelajaran teks diskusi pada kompetensi dasar 3.2 dan 4.2.Guru disarankan
melakukan persiapan yang matang dengan memperkaya referensi tentang macammacam
teks ulasan yang nantinya akan diberikan kepada siswa agar pembelajaran
dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.
Kata kunci: MetodeCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC),
teks ulasan
Bibliografi : lembar 193-194
SS00011786 | SK 11786 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain