Text
Pembelajaran sejarah berbasis proyek kelas XI di SMA Negeri 48 Jakarta
ABSTRAK
Tamara Lisa P. H., Pembelajaran Sejarah Berbasis Proyek Kelas XI di SMA Negeri 48 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret sampai November 2016. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif etnografi. Data-data yang diperoleh berupa hasil pengamatan di kelas, hasil wawancara, serta dokumen terkait dengan pembelajaran. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan inti. Informan kunci yaitu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Informan Inti adalah guru bidang studi mata pelajaran sejarah dan siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 48 Jakarta.
Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran berbasis proyek sudah diterapkan dalam pembelajaran sejarah Indonesia kelas XI. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran sejarah berbasis proyek yang diterapkan guru berupa tugas essai. Proses pembelajaran sejarah berbasis proyek yang diterapkan guru masih ada ketidaksesuaian dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) khususnya di bagian alokasi waktu serta kegiatan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran sejarah berbasis proyek banyak kendala yang dialami guru dan siswa. Kendala yang dialami oleh guru adalah minat baca siswa yang rendah. Sedangkan kendala yang dialami oleh siswa adalah kesulitan dalam menentukan topik, sumber buku yang akan digunakan, biaya untuk ke Perpustakaan, tersedianya buku yang berbahasa Inggris, dan waktu yang kurang panjang. Selain kendala terdapat manfaatnya antara lain mendapat siswa mendapat pengetahuan yang lebih mendalam, menarik minat baca siswa, dan memberikan pengalaman baru dalam pembelajaran yang dilakukan oleh siswa.
Kata kunci : Pembelajaran Sejarah, Model Pembelajaran Berbasis Proyek
Bibliografi : lembar 184
SS00012335 | SK 12335 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain