Text
Pengaruh kekuasaan (Power) dan kepercayaan (Trust) terhadap komitmen organisasi (Organizational Commitment): Studi kausal terhadap guru SMK Swasta di Wilayah Jakarta Barat
ABSTRAC
Sekolah sebagai salah satu bentuk organisasi menuntut adanya komitmen dari orang-orang yang terlibat di dalamnya untuk memuwujudkan tujuan pendidikan. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003, Pasal 40 Ayat 2, mengatakan bahwa pilihan menjadi guru menuntut adanya sebuah komitmen. Komitmen organisasi adalah keterikatan atau keinginan yang kuat dari seseorang untuk tetap bekerja pada suatu organisasi karena merasa memiliki kesamaan nilai yang dianutnya dengan tujuan yang mau dicapai oleh organisasi yang meliputi komitmen afektif, komitmen kontinuens dan komitmen normatif. Salah satu faktor yang memepengaruhi komitmen organisasi adalah kekuasaan dan kepercayaan. Menurut Kreitner dan Kinicki, “...positive legitimate power, expert power and referent power tend to foster commitment.” Kekuasaan positif (legitimate, expert, dan referent power)cenderung mendorong komitmen. McShane dan Von Glinow menambahkan,“...mutual understanding and an emotional bond among team members. It occurs when team members think, feel, and act like each others”. Identifikasi kepercayaan didasarkan pada sikap saling pengertian dan ikatan emosional antara anggota. Colquitt, Lepine, dan Wesson, “trust has a strong positive effect on commitment. Employees who are willing to be vulnerable to authorities trend to have higher levels of Affective Commitment and higher levels of Normative Commitment. Trust has no effect on Continuance Commitment. Kepercayaan mempunyai pengaruh positif yang kuat pada komitmen. Pegawai yang bersedia menerima otoritas cenderung mempunyai tingkat komitmen afektif dan komitmen normatif yang tinggi. Dengan demikian, kekuasaan adalah kapasitas seseorang dalam mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu atau menolak pengaruh yang tidak dikehendaki dan tidak sejalan dengan tujuan organisasi.
Bibliografi : lembar 96-98
TM00004834 | TM 4834 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain