Text
Komunikasi interpersonal dalam proses bimbingan skripsi : studi kasus di Program Studi Pendidikan Sejarah FIS-UNJ
ABSTRAK
Nurfaridah Amalliyah, Komunikasi Interpersonal dalam Proses Bimbingan Skripsi (Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Sejarah FIS Universitas Negeri Jakarta). Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Komunikasi interpersonal merupakan faktor yang sangat penting dalam proses bimbingan skripsi mahasiswa. Penelitian ini membahas mengenai komunikasi interpersonal dalam proses pembimbingan skripsi oleh dosen Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai komunikasi interpersonal yang terjalin antara dosen dengan mahasiswa saat proses bimbingan skripsi. Penelitian dilakukan pada bulan Juli sampai dengan bulan Desember 2016. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan inti. Informan kunci yaitu Koordinator Program Studi Sejarah, dan Informan inti yaitu dua dosen pembimbing skripsi serta 10 mahasiswa yang melaksanakan bimbingan skripsi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan gambaran tentang komunikasi interpersonal yang terjadi selama proses bimbingan skripsi. Hasil temuan menunjukkan bahwa dosen mampu mengembangkan komunikasi interpersonal dengan baik. Komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh dosen menunjukkan kemampuan dalam memberikan pemahaman kepada mahasiswa. Kedua dosen memiliki aspek keterbukaan, empati, perilaku suportif, sikap positif dan kesetaraan dalam mengembangkan komunikasi yang efektif selama proses bimbingan skripsi. Penelitian ini menunjukkan bahwa masing – masing dosen memiliki cara yang berbeda dalam mengembangkan komunikasi interpersonal yang efektif. Perbedaan waktu dan kesibukan yang dimiliki dosen membuat proses komunikasi interpersonal yang efektif antara kedua dosen pembimbing dengan mahasiswa menunjukkan hasil yang berbeda. Bibliografi : lembar 73 - 74
SS00012337 | SK 12337 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain