Text
Kecerdasan emosional dalam pembelajaran Seni Tari di SMK 40 Jakarta
ABSTRAK
Elvianti Putri Chaniago.2016. “Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran Seni Tari di
SMKN 40 Jakarta”. Skripsi, Sendratsik, Pendidikan Seni Tari, Fakultas Bahasa dan Seni .
Universitas Negeri Jakarta.
Skripsi ini mengkaji tentang kecerdasan emosional dalam pembelajaran seni tari di
SMKN 40 Jakarta , bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional yang dimiliki oleh
siswa dalam pembelajaran seni tari.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi.
Untuk memperoleh keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi data.
Hasil penelitian menjelaskan tentang kecerdasan emosional siswa dalam proses
pembelajaran seni tari di SMKN 40 Jakarta kelas X AK2 yang menggambarkan siswa
dapat mengenali emosi dirinya sendiri, siswa mampu mengelola emosinya, siswa
memiliki motivasi yang tinggi , siswa dapat mengenal emosi orang lain dan dapat
membina hubungan dengan baik dalam pembelajaran seni tari. Kecerdasan emosional
disesuaikan dengan pembelajaran seni tarinya yang berupa perencanaan, pelaksanaan
dan evaluasi.
Kata Kunci : Kecerdasan emosional dan pembelajaran seni tari
Bibliografi : lembar 64-65
SS00011555 | SK 11555 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain