Text
Pelayanan jasa ojek online Go-jek sebagai transportasi publik di Kecamatan Pulo Gadung Jakarta Timur
ABSTRAK
Devy Karlita ( 4315126770 ). Pelayanan Ojek Online Go – Jek Dalam Sebagai Transportasi Publik di Kecamatan Pulo Gadung Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik mengenai pelayanan ojek online GO – JEK sebagai transportasi publik di Kecamatan Pulo Gadung Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan pada Bulan September – Oktober 2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna ojek online Go – Jek. Jumlah sampel penelitian sebanyak 50. Teknik analisis data penelitian meggunakan analisis deskriptif dengan bentuk tabel frekuensi dan persentase. Aspek pelayanan jasa transportasi publik yang diteliti saat sebelum dan sesudah menggunakan ojek online Go – Jek yaitu 1) keteraturan (meliputi waktu tunggu kedatangan dan waktu menuju tempat pemberhentian); 2) cepat (meliputi waktu tempuh perjalanan dan waktu yang dihemat); 3) biaya perjalanan (meliputi biaya sekali perjalanan dan perpindahan moda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan ojek online Go – Jek waktu tunggu kedatangan antara 11 – 15 menit dan sesudah menggunakan ojek online Go – Jek adalah kurang dari 5 menit. Waktu menuju tempat pemberhentian sebelum dan sesudah menggunakan ojek online Go – Jek terbanyak adalah kurang dari 5 menit. Waktu perjalanan sebelum menggunakan ojek online Go – Jek terbanyak adalah 30 menit – 1 jam dan sesudah menggunakan ojek online Go – Jek terbanyak adalah kurang dari 30 menit. Biaya perjalanan sebelum menggunakan ojek online Go – Jek terbanyak adalah kurang dari Rp 8.000 dan sesudah menggunakan ojek online Go – Jek antara Rp 8.000 – Rp 14.000. perpindahan moda sebelum dan sesudah menggunakan ojek online Go – Jek terbanyak adalah 1 kali. Berdasarkan aspek pelayanan transportasi publik dari ojek online Go – Jek yang diteliti dengan membandingkan saat sebelum dan sesudah yaitu sesudah menggunakan ojek online Go – Jek adalah lebih teratur, lebih cepat dan biaya yang dikeluarkan lebih besar dari sebelumnya. Waktu tunggu kedatangan, waktu menuju tempat pemberhentian, waktu tempuh perjalanan, waktu yang dihemat, dan perpindahan moda dengan menggunakan ojek online Go – Jek sesuai dengan standar pelayanan angkutan umum. Biaya sekali perjalanan dengan menggunakan ojek online Go – Jek tidak sesuai dengan standar pelayanan angkutan umum, akan tetapi tidak menjadi masalah bagi pengguna dengan pertimbangan lebih cepat dan teratur.
Kata kunci : ojek online, pelayanan, transportasi, standar.
Bibliografi : lembar 54 - 55
SS00012339 | SK 12339 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain