Text
Pengaruh metode EGP (Emosi, Gerak, Perevisian) dengan media musik terhadap pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cileungsi
ABSTRAK
BETI AMBARWATI. Pengaruh Metode EGP ( Emosi, Gerak, Perevisian ) dengan Media
Musik Terhadap Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 1
Cileungsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni,
Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini berujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode EGP(
Emosi, Gerak, Perevisian ) dengan media musik terhadap pembelajaran menulis cerita pendek
pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 cileungsi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap
tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan
desain Control Group Pretest dan Posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan random
sampling melalui kocokan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30
siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah tes
kemampuan menulis cerpen, dengan teknik analisis data menggunakan Uji-t. Hasil perhitungan
yang di dapat dari sampel di atas yaitu, Pada uji persyaratan analisis data penggunakan uji
normalitas (Liliefors). Diperoleh hasil pada kelas eksperimen dengan Lo (0,1023) < (0,161) dan
Lo (0,1315) < (0,161) pada taraf signifikasi 0,05. Maka kedua sampel berdistribusi normal.
Selain itu, dilakukan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Diperolehan Fo (1,07) < Ft
(1,85) dengan derajat kebebasan 29 dan taraf signifikasi 0,05. Maka kedua sampel memiliki
varians yang homogen. Kemudian hasil uji-t menunjukan Thitung (4,9835) > Ttabel (2,000) dalam
taraf signifikasi 0,05 pada dk 58. Maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian terdapat
pengaruh metode EGP ( Emosi, Gerak, Perevisian ) dengan media musik terhadap pembelajaran menulis
cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 cileungsi. Metode EGP dengan media musik
memberikan pengaruh yang positif terhadap pembelajaran siswa khususnya pada kemampuan
menulis cerpen. Metode EGP merupakan metode yang melibatkan kecerdasan emosional siswa
dalam mengembangkan ide gagasan yang dimiliki dengan cara berimajinasi dan menuangkannya
kedalam sebuah tulisan. Pada kelas kelas eksperimen memiliki nilai ideal 80. Terdapat 70%
yang dapat mencapai nilai ideal, dan terdapat 30% siswa yang belum mencapai rata-rata pada
kelas eksperimen. Metode EGP media musik dapat digunakan pada materi pembelejaran Bahasa
Indonesia seperti teks tanggapan deskriptif atau mata pelajaran lainnya dengan menyesuaikan
tema pada materi pembelajaran. Saran yang dapat diberikan yaitu, Metode EGP (Emosi, Gerak,
Perevisian) dengan media musik dapat dipergunakan pada pembelajaran menulis khususnya pada
jenjang Sekolah Menengah Pertama. Karena dengan menggunakan metode EGP dapat
merangsang siswa dalam mengembangkan isi gagasan yang dimiliki.
Kata kunci : Metode EGP (Emosi, Gerak, Perevisian) dengan media musik terhadap pembelajaran
menulis cerita pendek.
Bibliografi : lembar 217-219
SS00011554 | SK 11554 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain