Text
Meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran seni tari dengan model cooperative learning tipe STAD : student Team Achievement Division pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Bekasi
ABSTRAK
SANTI TIARA DEWI. 2016. Meningkatkan Kreativitas Dalam Pembelajaran
Seni Tari Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD
(Student Team Achievement Division) Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 8 Bekasi.
Skripsi. Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas dalam
pembelajaran seni tari pada siswa kelas VIII di SMPN 8 Bekasi dengan
menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD (Student
Team Achievement Division). Penelitian ini dilakukan karena komponen
pembelajaran belum dirancang dan dilaksanakan secara sistematis dan optimal,
sehingga hasil belajar siswa mampu berkreativitas belum tercapai.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan
kelas dan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan McTaggart dengan
alur komponen kegiatan pembelajaran yaitu perencanaan, tindakan dan observasi
yang dilakukan bersamaan serta refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian kreativitas dalam
pembelajaran seni tari pada kondisi awal hanya mencapai 25%, lalu pada siklus I
mencapai 40%, kemudian pada siklus II mencapai 60%, sedangkan pada siklus III
mencapai 80%. Hasil belajar tersebut menunjukan bahwa ada peningkatan
kreativitas pada siswa kelas VIII di SMPN 8 Bekasi, setelah diterapkan model
pembelajaran cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran seni tari.
Kata Kunci : Kreativitas, Pembelajaran Seni Tari, Model Pembelajaran
Cooperative Learning Tipe STAD.
Bibliografi : lembar 117-118
SS00011552 | SK 11552 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain