Text
IKIP Jakarta di bawah kepemimipinan Delliar Noer (1967 -1974)
ABSTRAK
YUDHA RIADIANSYAH. IKIP Jakarta di Bawah Kepemimpinan Deliar Noer (1967-1974). Skripsi, Jakarta, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Sejarah perkembangan dan pendidikan tinggi di Indonesia mewarnai dinamika perkembangannya dengan ditandai oleh adanya lembaga-lembaga pendidikan tinggi yang amat bervariasi tak terkecuali sejarah pendidikan guru di Indonesia, namun antara satu dan lainnya memiliki hubungan substansial dan fungsional serta tidak terlepas dari acuan Tridarma Perguruan Tinggi di Indonesia yang sangat mengemban amanah pendidikan, penelitian, dan pengabdian.
IKIP Jakarta merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang di bawah naungan menteri Pendidikan Tinggi Ilmu Pendidikan (PTIP), terletak di Rawamangun Jakarta Timur. IKIP Jakarta lahir sebagai lembaga yang merupakan komunitas hidup dinamik dalam peranannya sebagai lembaga pencetak tenaga pendidik dan menumbuh-dewasakan kadar intelektualnya, serta mengimplementasikan pengetahuan sebagai pengabdian bagi kemajuan masyarakat. Dinamika tersebut tak lepas dari perkembangan zaman serta memang kurangnya lulusan tenaga pendidik setingkat universitas setelah peralihan kekuasaan dari Orde Lama ke pada Orde Baru.
Dinamika tersebut turut pula merubah keadaan IKIP Jakarta sendiri, berbagai upaya dilakukan setiap pemimpin untuk mengembangkan lembaga IKIP Jakarta, hingga di periode Deliar Noer 1967-1974 IKIP Jakarta dijadikan parameter tolak ukur bagi IKIP-IKIP lainnya di Indonesia. Salah satunya ialah pendirian Laboratory School, tujuannya sebagai wadah dimana mahasiswa diharapkan mampu bereksperimentasi terhadap jurusannya masing-masing. Kemudian Mendirikan Lembaga Pedologi IKIP Jakarta, Mendirikan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat, Membangun Biro Pusat Praktik Kependidikan, dan melakukan kerjasama dengan berbagai instansi. Kepemimpinan Deliar Noer dianggap berhasil membangun pondasi sistem perkuliahan IKIP Jakarta.
Disamping penelitian ini mencoba mencatat peristiwa sejarah terkait perjalanan lembaga pendidikan guru di Indonesia dan kinerja Deliar Noer saat menjadi rektor IKIP Jakarta, penelitian ini bermaksud juga mengamati masalah dan rintangan serta upaya Deliar Noer dalam membenahi IKIP Jakarta lewat gagasan besarnya dengan menggunakan metode sejarah, sementara untuk penyajian hasil penelitian ini dilakukan dalam bentuk deskriptif naratif. Bibliografi : lembar 78 - 82
SS00012340 | SK 12340 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain