Text
Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil karya siswa dalam mata pelajaran Desain Multimedia
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI HASIL KARYA SISWA DALAM MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA
SARAH LUTHFIAH
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui faktor- faktor dominan yang mempengaruhi hasil karya siswa dalam mata pelajaran desain multimedia kelas XI Multimedia di SMKN 7 Jakarta yang beralamat di Jl. Tenggiri No.1 Jakarta Timur. Penelitian dilakukan di SMKN 7 Jakarta, dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis faktor. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI jurusan Multimedia di SMKN 7 Jakarta. Data primer di penelitian ini menggunakan skala likert 1-4 karena skala ini dapat mengukur gejala berupa perilaku atau sikap responden. Instrumen dikatakan reliabel dan valid apabila nilai KMO ≥ 0.5. Penelitian ini dibatasi dua faktor yang mempengaruhi hasil karya siswa dalam mata pelajaran desain multimedia, yaitu faktor internal yang terdiri dari minat, bakat, kognitif, dan intelegensi, serta faktor eksternal yang terdiri dari kurikulum, program, sarana dan fasilitas, dan guru. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa faktor internal memiliki KMO sebesar 0.70 dan faktor eksternal memiliki KMO sebesar 0.698. Hal ini menunjukkan instrumen dalam penelitian ini sudah valid dan memiliki ketepatan dalam analisis faktor. Dari faktor internal, minat memberikan pengaruh terbesar, yakni dengan muatan sebesar 0.865. Sedangkan pada faktor eksternal yang memberikan pengaruh terbesar dengan nilai muatan sebesar 0.784 adalah program sekolah dalam mempengaruhi hasil karya siswa dalam mata pelajaran desain multimedia di SMKN 7 Jakarta.
Kata Kunci : Analisis Faktor, Hasil Karya Siswa, Faktor Dominan Bibliografi : lembar 64 - 65
SS00012345 | SK 12345 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain