Text
Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa terhadap mata pelajaran Anatomi Fisiologi di SMK Negeri 3 Tangerang. : studi kasus siswa kelas kecantikan SMKN 3 Tangerang.
ABSTRAK
Diah Ayu Hapsari Purnomo. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Anatomi Fisiologi di SMK Negeri 3 Tangerang (Studi Kasus Siswa Kelas X Tata Kecantikan SMKN 3 Tangerang). Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar terhadap mata pelajaran anatomi fisiologi yang dialami oleh siswa kelas X Jurusan Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Tangerang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Metode Survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan tata kecantikan tahun akademik 2016/2017 yang berjumlah 64 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan angket/kuesioner. Uji coba instrumen angket dilakukan oleh 25 orang responden kelas XI Tata Kecantikan. Analisis uji coba instrumen dilakukan terhadap validitas dan realibilitas (Cronbach Alpha), untuk jumlah item pernyataan berjumlah 40 item dan hasil realibilitas r11 = 0.954
Bedasarkan data persentase jumlah siswa, hasil penelitian ini menujukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa sebagian besar pada faktor internal yaitu indikator faktor motivasi dengan sub faktor ketekunan belajar siswa sebesar 88% dan faktor mandiri belajar yaitu sebesar 94%. Sedangkan pada faktor eksternal yaitu indikator faktor perhatian guru dengan sub faktor apresiasi guru terhadap kesulitan belajar siswa sebesar 84%, dan faktor keterlibatan guru dalam kegiatan siswa yaitu sebesar 91%.
Dalam hasil pengujian hipotesis penelitian diperoleh melalui persamaan regresi dimana hasil persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 101.286 + 879X, menunjukan bahwa setiap kenaikan nilai suatu perhatian guru setiap 101.286 dapat menyebabkan kenaikan kesulitan belajar sebesar 879 dengan ditunjukkannya pengaruh sebesar 6,1% dari uji koefisien determinasi sedangkan 93,9% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain
Kata kunci : Faktor Kesulitan Belajar, Anatomi Fisiologi
Bibliografi : lembar 88 - 89
SS00012349 | SK 12349 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain