Text
Pengaruh teknik penilaian portofolio terhadap hasil belajar Biologi ditinjau dari sikap terhadap Biologi (eksperimen di SMA Negeri Jakarta)
PENGARUH TEKNIK PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL
BELAJAR BIOLOGI SISWA DITINJAU DARI SIKAP TERHADAP BIOLOGI
(Suatu Eksperimen di Kelas XI SMAN 52 dan SMAN 72 Jakarta Utara)
AFRINAWATI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik penilaian portofolio dan sikap siswa terhadap hasil belajar Biologi. Penelitian dilakukan di SMAN 52 dan SMAN 72 Jakarta Utara menggunakan metode cluster random sampling yang dilakukan kepada 42 siswa. Pengambilan data diperoleh melalui angket dan dianalisis menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dua jalur dengan desain treatment by level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil belajar biologi siswa yang diberikan teknik penilaian portofolio proses lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang diberikan teknik penilaian portofolio produk, (2) terdapat pengaruh interaksi antara sikap siswa terhadap mata pelajaran biologi dengan teknik penilaian siswa terhadap hasil belajar biology siswa, dan (3) bagi siswa yang memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran biologi, hasil belajar biologi siswa yang diberikan teknik penilaian portofolio proses lebih tinggi dari pada teknik penilaian portofolio produk. Uji coba selanjutnya diharapkan untuk menemukan teknik penilaian yang tepat untuk siswa yang memiliki sikap negatif terhadap biologi.
Kata kunci: penilaian portofolio, sikap siswa, hasil belajar Biologi
Bibliografi : lembar 118-123
TM00004593 | TM 4593 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain