Text
Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika pada siswa MTS, Fatahillah Jakarta
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MTS. FATAHILLAH JAKARTA
(2017) RAINY RAHMAH ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pada siswa Mts. Fatahillah Jakarta. Variabel dependen pada penelitian ini adalah prestasi belajar. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif, adapun metode yang digunakan adalah metode penelitian terapan. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu prestasi belajar dan skala kecerdasan emosional. Skala kecerdasan emosional menggunakan Emotional Intelligence Questionnare. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 responden yaitu siswa/siswi Mts. Fatahillah Jakarta dengan teknik sampling yang digunakan adalah incitendal sampling. Metode pengolahan data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah analisis regresi. Hasilnya adalah terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar. Pengaruh yang dihasilkan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar sebesar 0,348 (34,8%) dan sisanya 65,2% dipengaruhi faktor lain. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar
Bibliografi : lembar 63-64
SS00011999 | SK 11999 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain