Text
Pengembangan media video pembelajaran tata rias pengantin Padang Pesisir untuk meningkatkan hasil belajar mata kuliah tata rias pengantin Indonesia
ABSTRAK
NEVA MUZDALIFAH DERSANALA. Pengembangan Media Video Pembelajaran Tata Rias Pengantin Padang Pesisir untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Tata Rias Pengantin Indonesia. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Rias, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran berbentuk video yang diberi judul “Video Pembelajaran Tata Rias Pengantin Padang Pesisir”, video ini dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mata kuliah Tata Rias Pengantin Indonesia pada program studi Pendidikan Tata Rias di Universitas Negeri Jakarta. Video pembelajaran ini dikemas dalam bentuk DVD yang dapat dijadikan sumber belajar alternatif baik pembelajaran dalam kelompok maupun secara mandiri. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Baker & Schultz, yang memiliki 7 tahap yaitu: tahap perumusan, spesifikasi langkah, uji coba soal, pengembangan produk, uji coba produk, revisi produk, dan analisis operasi. Tahap evaluasi didapat setelah hasil penelitian dan pengembangan dilakukan.
Adapun responden yang terlibat didalamnya adalah 1 orang ahli media, 2 orang ahli materi, 1 orang ahli pembelajaran, evaluasi one to one yang diujicobakan terhadap 3 orang mahasiswa, evaluasi small group yang diujicobakan kepada 7 mahasiswa, dan tahap field test yang diujicobakan terhadap 30 mahasiswa, secara keseluruhan merupakan mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah Tata Rias Pengantin Indonesia.
Hasil penelitian pengembangan media video pembelajaran ini adalah, hasil tahap evaluasi dari ahli media diperoleh nilai 4,1 sehingga video dapat dinyatakan sangat baik. Tahap evaluasi dari 2 orang ahli materi diperoleh nilai 4,15 sehingga video dapat dinyatakan sangat baik. Kemudian tahap evaluasi dari ahli instruksional diperoleh nilai 4,22 sehingga video juga dapat dinyatakan sangat baik. Pada tahap evaluasi one to one diperoleh hasil 4,53 sehingga video dapat dinyatakan sangat baik. Pada tahapan evaluasi small group diperoleh hasil 4,13 sehingga video dapat dinyatakan sangat baik. Pada tahap field test didapatkan hasil belajar melalui pre test yang diberikan dengan nilai rata-rata 65, kemudian pada saat diberikan post test nilai rata-rata yang diperoleh 83,3 dari hasil ini maka terlihat adanya peningkatan sebanyak 18,3% setelah menonton tayangan video pembelajaran Tata Rias Pengantin Padang Pesisir yang disajikan.
Dengan demikian video pembelajaran tata rias pengantin Padang Pesisir ini sangat efektif dalam membantu proses belajar untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa, selain itu video pembelajaran ini nantinya dapat bermanfaat sebagai sumber belajar alternatif yang menyenangkan dan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Tata Rias Pengantin Padang Pesisir Bibliografi ; lembar 88 - 89
SS00012756 | SK 12756 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain