Text
Pengaruh model pembelajaran wiord square terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 26 Pembangunan Jakarta
ABSTRAK
Nabila Yasmin. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di SMK Negeri 26 Pembangunan Jakarta. Skripsi, Jakarta : Prodi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 26 Pembangunan Jakarta dari bulan Juli sampai Desember 2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 26 Pembangunan Jakarta yang berjumlah 1.154 siswa yang berasal dari 36 kelas, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X yang berjumlah 384 siswa yang berasal dari 12 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel yang diambil berjumlah dua kelas yaitu kelas X TP (Teknik Permesinan) 1 terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen yang di berikan model pembelajaran Word Square dan X TIPTL (Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik) 1 terdiri dari 32 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil uji coba validitas instrumen dengan menggunakan rumus Spearman Brown menghasilkan 43 soal yang valid dan 7 soal yang drop dari 50 soal, dan uji reliabilitas diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,914 yang berarti instrumen dapat digunakan. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung (0,085) < Ltabel (0,157) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung (0,104) < Ltabel (0,157) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Barlett dan diperoleh X2 hitung < X2 tabel = 1,076 < 3,84 maka kedua varians homogen diterima.
Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilkan thitung 5,384 > ttabel 2,00 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 26 Pembangunan Jakarta.
Bibliografi : lembar 45 - 46
SS00012362 | SK 12362 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain