Text
Pemanfaatan ruang baca sejarah sebagai sumber belajar bagi mahasiswa sejarah : studi kasus pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FIS Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Faizah Zukhrifa, Pemanfaatan Ruang Baca Sejarah sebagai Sumber Belajar bagi Mahasiswa Sejarah (Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Sejarah FIS Universitas Negeri Jakarta). Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa sejarah
dalam memanfaatkan fasilitas yang ada di prodi sejarah, yaitu Ruang Baca
Sejarah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai dengan bulan Desember
2016. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Data diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara. Sumber data yang
digunakan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan inti.
Informan kunci yaitu Ketua Prodi Sejarah, dan Informan inti yaitu Kepala Ruang
Baca Sejarah serta 10 mahasiswa sejarah. Teknik pengumpulan data dengan cara
observasi dan wawancara. Kendala yang peneliti hadapi selama proses penelitian
ini adalah jam operasional ruang baca sejarah yang tidak menentu.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut didapatkan gambaran tentang
bagaimana mahasiswa sejarah memanfaatkan ruang baca sejarah. Beberapa hasil
temuan menunjukkan bahwa mahasiswa sejarah telah memanfaatkan ruang baca
sebagai sumber belajar dan sumber penelitian. Namun, pemanfaatan mahasiswa
tersebut dirasa masih kurang maksimal karena kendala-kendala yang ada dalam
memanfaatkan ruang baca.
Bibliografi : lembar 62 63
SS00012363 | SK 12363 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain