Text
Pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 65 Jakarta
ABSTRAK
Cory Ayu Noviani. Pengaruh metode pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar sejarah pada di SMA Negeri 65 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Prodi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh metode pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 65 Jakarta dari bulan Juli sampai Agustus 2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi terget dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 65 Jakarta yang berjumlah 591 siswa dari 17 kelas, sedangkan populasi terjangkau kelas XI SMA Negeri 65 Jakarta yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 180 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel yang diambil berjumlah dua kelas yaitu kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 50 soal dan diujikan kepada 20 siswa. Melalui uji validitas dengan rumus “r” product moment hasilnya menunjukan 42 soal valid dan 10 soal tidak digunakan, jadi hanya 40 soal yang digunakakan, sedangkan uji reabilitas dengan rumus Spearman Brown nilai reabilitas sebesar 0,957 yang berarti instrumen reliabel/ajeg. Uji persyaratan analisis dilakukan melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors pada kelas eksperimen diperoleh Lh (0,139) < Lt (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lh (0,131) < Lt (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Barlett dan diperoleh 2hi (3,142) < 2ta (3,84), maka varians homogen. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilkan thitung 9,173 > ttabel 2,00 pada taraf kepercayaan 95% ( = 0,05), maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah pada SMA Negeri 65 Jakarta.
Bibliografi : lembar37 - 38
SS00012364 | SK 12364 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain