Text
Terbentuknya perilaku konsumsi produk halal sebagai gaya hidup : studi kasus enam keluarga Muslim di Jabodetabek
ABSTRAK
FADIA ASTARI. Terbentuknya Perilaku Konsumsi Produk Halal sebagai Gaya Hidup (Studi Kasus: Enam Keluarga Muslim di Jabodetabek). Skripsi. Jakarta: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2017. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan terbentuknya perilaku konsumsi produk halal sebagai gaya hidup keluarga muslim sebagai salah satu pelaku konsumen yang berpengaruh besar terhadap jalannya pasar. Penelitian ini pertama-tama berusaha menjelaskan pola konsumsi keluarga serta nilai-nilai keagamaan yang mendorong perilaku konsumsi tersebut. Tujuan selanjutnya adalah menjelaskan peranan preferensi keagamaan dalam memandu perilaku konsumsi produk halal keluarga, serta bagaimana terbentuknya gaya hidup dari perilaku konsumsi halal tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta studi literatur. Subjek dalam penelitian ini adalah enam keluarga muslim yang berasal dari kelas sosial ekonomi bawah, menengah, dan atas. Penelitian ini mengadaptasi beberapa konsep, yakni Preferensi Agama dalam Tindakan Konsumsi, Konsumsi Halal dalam Agama Islam, dan Konsumsi Produk Halal sebagai Gaya Hidup Masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan perhatian masyarakat terhadap peredaran produk halal di Indonesia banyak disebabkan perilaku konsumsi keluarga muslim. Sebagai penunjang kehidupan sehari-hari, keluarga muslim sangat memerhatikan segala bentuk pemenuhan kebutuhan konsumsi mereka. Mereka berusaha semaksimal mungkin agar konsumsi yang dilakukan semuanya halal. Hal ini dilakukan oleh keenam subjek penelitian, terlepas dari status sosial dan ekonomi yang mereka miliki. Preferensi keagamaan dan pengaruh sosial berperan besar dalam membentuk perilaku konsumsi produk halal yang dilakukan keluarga. Preferensi keagamaan umumnya disosialisasikan sejak masa kecil oleh keluarga dan terus ada sampai masa dewasa, yang kemudian dilanjutkan pada keluarga masing-masing. Penguatan perilaku juga dibantu oleh lingkungan sosial seperti teman, pasangan hidup, lembaga pendidikan, juga media massa.
Kata kunci: Perilaku Konsumsi, Keluarga, Produk Halal, Gaya Hidup. Bibliografi : lembar 128 - 131
SS00012366 | SK 12366 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain