Text
Hubungan antara komunikasi interpersonal guru dan minat belajar dengan prestasi belajar IPS peserta didik kelas VII di SMP Negeri 74 Jakarta
ABSTRAK
Hanifah Riani, Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas VII di SMPN 74 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan berdasarkan bukti data empiris atau fakta yang sesungguhnya (valid), benar dan dapat dipercaya (reliabel) tentang adanya hubungan komunikasi interpersonal guru dengan prestasi belajar IPS, hubungan minat belajar dengan prestasi belajar IPS, hubungan komunikasi interpersonal guru dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain analisis korelasional. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah secara acak sederhana dengan adanya proporsional tingkatan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil pengujian Signifikan antara Komunikasi Interpersonal Guru dengan Prestasi Belajar IPS ditunjukan pada koefisien korelasi Pearson product moment sebesar 0,754 sedangkan thitung sebesar 5,74> ttabel (1,67). Adapun regresi bersifat linier dengan model persamaan Y= 0,569+0,206X1. 2) Hasil pengujian hipotesis kedua diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar IPS ditunjukan pada koefisien korelasi sebesar 0,668 sedangkan thitung sebesar 3,23 > ttabel (1,67). Adapun regresi bersifat linier dengan model persamaan Y =0,654+0,120X2. 3)secara bersamasama ada hubungan yang signifikan antara variabel komunikasi interpersonal guru (X1) dan minat belajar (X2) dengan prestasi belajar IPS (Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0,791. Hasil pengujian hipotesis ketiga diperoleh kesimpulan bahwa 0,362. Hubungan regresi ganda bersifat linier dengan model persamaan Y =0,654+0,151X1 + 0,056 X2. Kontribusi determinasi dari masing-masing bvariabel bebas terhadap variabel terikat adalah: Variabel komunikasi interpersonal guru sebesar 56,7%. Variabel minat belajar sebesar 44,6%. Kontribusi determinasi kedua variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat adalah 62,5 %. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa prestasi belajar IPS disebabkan oleh dua faktor secara bersamaan yaitu komunikasi interpersonal guru dan minat belajar sebesar 62,5% dan sisanya 37,5% faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal Guru, Minat Belajar, Prestasi Belajar IPS
Bibliografi : lembar 117 - 118
SS00012370 | SK 12370 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain