Text
Studi deskriptif tutor dalam merancang kegiatan pembelajaran pada program paket B di PKBM Jakarta Timur dan Jakarta Pusat
STUDI DESKRIPTIF TUTOR DALAM MERANCANG KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM PAKET B DI PKBM JAKARTA TIMUR DAN JAKARTA PUSAT
Robin Valentino Hadi ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran data tentang kegiatan tutor dalam merancang kegiatan pembelajaran pada program paket B di PKBM Jakarta Timur dan Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Peneliti ini menggunakan 30 responden yang seluruhnya merupakan Tutor Paket B. Di PKBM Negeri 12, 13, 14, 16, 29 dan 33 Jakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian kali ini adalah menggunakan metode observasi dan penyebaran angket. Analisis data pada penelitian kali ini yaitu deskripsi data dan mengambil kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran data mengenai kegiatan tutor dalam merancang kegiatan pembelajaran di 6 PKBM tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh dari penjabaran data angket adalah (1) Tutor menyusun RPP sebelum melaksanakan pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90%, (2) Tutor yang menjadikan kurikulum yang berlaku sebagai standar pembelajarannya memperoleh persentase sebesar 100%, (3) Tutor yang membuat tujuan pembelajaran sesuai dengan kurikulum berlaku memperoleh persentase sebesar 96,6%, (4) Tutor yang selalu menyiapkan bahan pembelajaran sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung memperoleh persentase sebesar 100%, dan (5) Tutor yang mengenal sifat warga belajarnya memperoleh persentase sebesar 96,7%.
Kata Kunci : Perencanaan pembelajaran, menyusun RPP. Bibliografi : lembar 77 - 78
SS00012371 | SK 12371 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain