Text
Perbandingan kemandirian belajar antara penggunaan metode penemuan terbimbing dan metode reach pada siswa kelas V Sekolah Dasar : studi komparatif di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan
PERBANDINGAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DAN METODE REACT PADA SISWA KELAS V SD (2017)
ANIS KANIA PUTRI JANUAR
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemandirian belajar antara penggunaan metode Penemuan Terbimbing dan metode REACT pada siswa kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebon Baru 09 Pagi, Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa kelas V SDN Kebon Baru 09 Pagi, Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Static Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket. Instrument tersebut kemudian diuji normalitas dengan uji Liliefors dan homogenitas dengan uji Bartlett sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung = 1,99 dengan dk = 58, sedangkan harga ttabel pada taraf signifikasi (α)= 0,05 dengan dk = 58 adalah sebesar 1,67. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel (1,99 > 1,67), artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (HI) diterima. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar yang menggunakan metode Penemuan Terbimbing dan Metode REACT. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa agar guru dapat merancang kegiatan yang bervariasi dalam pembelajaran matematika untuk dapat mengembangkan kemandirian belajar siswa kelas V SD.
Kata kunci: Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD, Metode Penemuan Terbimbing, Metode REACT. Bibliografi : lembar84 -87
SS00012380 | SK 12380 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain