Text
Pengaruh kualitas produk , kenyamanan toko, promosi penjualan terhadap kepuasan pelanggan : survei pelanggan pada Ramayana Department Store Mal blok M
ABSTRAK
ANUGRAH AMAR MA’ARUF. Pengaruh Kualitas Produk, Kenyamanan Toko, dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Ramayana Department Store Mal Blok M). Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta 2017.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menguji secara empiris pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada pengunjung Ramayana Department Store Mal Blok M, (2) menguji secara empiris pengaruh kenyamanan toko terhadap kepuasan pelanggan pada pengunjung Ramayana Department Store Mal Blok M., (3) menguji secara empiris pengaruh promosi penjualan terhadap kepuasan pelanggan pada pengunjung Ramayana Department Store Mal Blok M. Metode pengumpulan data menggunakan metode survei dengan instrumen berupa kuesioner. Objek penelitian ini ialah 200 responden yang pernah berbelanja atau melakukan transaksi minimal tiga kali atau lebih dalam kurun waktu 6 bulan terakhir dari waktu penelitian dilakukan. Alat analisis data menggunakan SPSS versi 22 untuk mengolah dan menganalisis data hasil penelitian. Hasil pengujian deskriptif menjelaskan bahwa masih terdapat kekurangan dari segi kualitas produk, kenyamanan toko, dan promosi penjualan yang menyebabkan kurangnya kepuasan pelanggan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) adanya pengaruh dari kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, (2) adanya pengaruh dari kenyamanan toko terhadap kepuasan pelanggan, (3) adanya pengaruh dari promosi penjualan terhadap kepuasan pelanggan.
Kata kunci: kualitas produk, kenyamanan toko, promosi penjualan, dan kepuasan pelanggan BIbliografi : lembar 137 - 142
SS00012383 | SK 12383 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain