Text
Peningkatan hasil belajar Bahasa Arab dengan menggunakan media kartu flash card pada siswa MTS Raudlatul Falah
ABSTRAK
MUTIA BALQIS, Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Dengan
Menggunakan Media Kartu Flash Card Pada Siswa MTs Raudlatul Falah.
Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Bahasa dan
Seni. Universitas Negeri Jakarta. Juni 2016
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Raudlatul Falah pada bulan Maret 2016
dengan tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar bahasa Arab
siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Raudlatul Falah. Pengukuran hasil
belajar dilaksanakan di akhir siklus dengan memberikan pertanyaan – pertanyaan
yang sesuai dengan materi pelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif
jenis penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini, tindakan yang diberikan
berupa penggunaan media belajar kartu Flash Card dalam upaya meningkatkan
hasil belajar siswa. langkah – langkah yang dilaksanakan dalam penelitian ini
sesuai dengan pendapat model Kemmis dan Mc Teggart adalah sebagai berikut :
(1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi.
Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah: siklus I nilai rata-rata
peningkatan hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas 8 MTs Raudlatul Falah
adalah 71,83. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar bahasa Arab pada siswa
kelas 8 MTs Raudlatul Falah menigkat menjadi 77.
Implikasi hasil penelitian menggunakan media pembelajaran kartu Flash
Card yang diterapkan dalam rangka meningkatkan hasil belajar bahasa Arab pada
siklus I mencapai rata-rata nilai 71,83. Nilai ini belum mencapai hasil yang
diharapkan karena masih banyak siswa yang belum mencapai nilai standard
karena penerapan media yang belum maksimal dan belum efektif penerapannya
dalam kelas. Dan pada siklus II peneliti melaksanakan proeses pembelajaran
bahasa Arab dengan langkah-langkah yang telah dilaksanakan pada siklus I,
namun yang membedakan adalah peneliti memperbaiki langkah – langkah dalam
menggunakan media pembelajaran Flashcard, sehingga siswa tidak kesulitan
dalam memahami materi pembelajaran. Media pembelajaran Kartu Flash card ini
menjadikan siswa mampu meningkatkan hasil belajar bahasa Arab pada bab “Al-
Mihnatu” dan bab “Al-la’ibun Ar-riyadhiyyun”. Maka rata-rata hasil ujian siklus II
mencapai 77 atau dengan indikator pencapaian yang berhasil diraih 22 siswa
mencapai hasil ujian dengan KKM 68 sehingga 91,2% dari jumlah siswa telah
mencapai hasil yang diharapkan. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan
hasil belajar bahasa Arab pada siswa MTs Raudlatul Falah.
Berdasarkan hasil penelitiaan diketahui bahwa media pembelajaran kartu
Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa MTs Raudlatul
Falah. Dengan demikian media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah
satu media dalam pembelajaran bahasa Arab agar siswa lebih senang dan lebih
mudah dalam pembelajaran Bahasa Arab.
Bibliografi : lembar 88-89
SS00011952 | SK 11952 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain