Text
Pengaruh sarana prasarana pendidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK Gita Kirtti 2 Jakarta
ABSTRAK
SYARIEF HIDAYATULLAH. 8105116569. Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh sarana prasarana dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada siswa jurusan administrasi perkantoran SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan November 2016 sampai bulan Febuari 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 628 populasi terjangkau siswa jurusan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 76. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 62 Siswa dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Data variabel Y (Hasil Belajar) merupakan data sekunder yang didapat dari data hasil belajar berdasarkan ulangan harian pada bulan Januari 2017 Sedangkan data variabel X1 (Sarana Prasarana Pendidikan) instrumen yang digunakan adalah kuisioner dengan menggunakan model skala likert serta data variabel X2 (Motivasi Belajar) adalah data sekunder yang didapat dari data penilaian hasil belajar. Sebelum digunakan, dilakukan uji coba validitas konstruk melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X1 sebesar 0,889 dan membuktikan bahwa instrumen tersebut reliable. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 22.0 dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov Z dan di dapat nilai X1 sarana prasarana pendidikan sebesar 0,200, X2 motivasi belajar sebesar 0,200 dan Y hasil belajar sebesar 0,200 yang semuanya lebih besar dari signifikansi 0,05 maka data berdistribusi normal. Kemudian mencari uji asumsi klasik yaitu uji multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Dari hasil uji multikolinearitas nilai Toleranc0e sebesar 0,882 yang lebih besar dari 0,1 dan VIF kurang dari 5 yaitu 1,134, dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi masalah multikolinearitas. Selanjutnya mencari uji heteroskedastisitas dengan uji Spearman’s rho, yang menghasilkan nilai signifikansi X1 0,854 dan X2 0,657. Karena nilai signifikansi lebih dari 0,05 maka tidak terjadi masalah heteroskedastisitas. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 20,563+0,369X1+0,229X2. Uji hipotesis yaitu uji F dalam tabel ANOVA, diketahui Fhitung 38,485 > Ftabel 3,153. Uji t menghasilkan thitung dari sarana prasarana pendidikan 5,730>Ttabel 2,001 dan Thitung dari motivasi belajar sebesar 4,269>Ttabel 2,001. Kemudian uji koefisien determinasi diperoleh hasil 56,6%, sisanya 43,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sarana prasarana pendidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. Bibliografi : lembar 68 - 70
SS00012387 | SK 12387 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain