Text
Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran Qiro'ah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Babakan Ciwaringin Cirebon
ABSTRAK
Evi Shufiyah, Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Qiro’ah Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Babakan Ciwaringin Cirebon. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Januari 2017.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif pada pembelajaran Qiro’ah. Perubahan global dalam ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut adanya inovasi baru dalam pelaksanaan pembelajaran Qiro’ah di kelas. Adanya media yang dapat membuat siswa lebih memaksimalkan seluruh indera dalam proses belajar juga dinilai penting. Dilatar belakangi dengan sulitnya siswa memahami makna dalam teks bahasa Arab karena kurangnya penguasaan kosakata bahasa Arab, serta kurangnya latihan yang diberikan dan kurangnya waktu yang dibutuhkan guru pada proses pembelajaran.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) berdasarkan model Dick & Carry, didahului dengan analisis kebutuhan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran Qiro’ah tingkat menengah atas melalui metode wawancara. Dilaksanakan pada awal Agustus 2016 sampai dengan Desember 2016 di MAN Babakan Ciwaringin Cirebon, pada siswa kelas XI dengan total responden sebanyak 34 siswa.
Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan prosedur pengembangan yang telah disusun; (1) Analisis kebutuhan, (2) Desain pengembangan produk, (3) Pengembangan produk, (4) Uji coba produk, (5) Evaluasi oleh ahli materi dan ahli media, (6) Penyempurnaan produk, (7) Implementasi produk yang telah disempurnakan, (8) Respon siswa terhadap produk yang telah diimplementasikan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket; (1) Angket penilaian ahli materi, (2) Angket penilaian ahli media dan, (3) Angket respon siswa terhadap multimedia.
Berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi menunjukkan hasil kesesuaian aspek pembelajaran dan aspek komunikasi visual multimedia interaktif. Dari hasil evaluasi ahli materi mencapai nilai 95,21% dengan predikat sempurna, dan dari ahli media mencapai nilai 85% dengan predikat sangat baik, dan respon siswa terhadap multimedia menyatakan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan membaca dan penguasaan kosakata bahasa Arab dan memberikan pengalaman belajar yang lebih berkesan, dengan nilai mencapai 85,82% artinya multimedia interaktif pembelajaran Qiro’ah ini sudah baik untuk diimplementasikan ke siswa kelas XI MA.
Bibliografi : lembar 60-61
SS00011958 | SK 11958 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain