Text
Hubungan antara keterampilan metekognitif dengan hasil belajar fisiologi tumbuhan pada mahasiswa Biologi Universitas Jakarta
ABSTRAK
RISNA FAUZIAH. Hubungan Antara Keterampilan Metakognitif Dengan Hasil Belajar Fisiologi Tumbuhan Pada Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Keterampilan metakognitif merupakan kemampuan kesadaran berpikir tentang cara berpikir. Keterampilan metakognitif meliputi dua komponen yaitu pengetahuan metakognitif (metacognitive knowledge), dan pengalaman atau regulasi metakognitif (regulation metakognitive). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan metakognitif (X) dengan hasil belajar Fisiologi Tumbuhan mahasiswa (Y). Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi dan Progam Studi Biologi pada semester ganjil 2015-2016. Metode yang digunakan adalah deskriptif koresional dengan jumlah sampel sebanyak 65 mahasiswa yang diambil dengan cara purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara keterampilan metakognitif dengan Hasil Belajar Fisiologi tumbuhan. Keterampilan metakognitif memberikan kontribusi terhadap hasil belajar Fisiologi Tumbuhan sebesar 66,5%. Mahasiswa yang menggunakan keterampilan metakognitif dalam kegiatan belajar akan mampu meningkatkan hasil belajar, karena keterampilan metakognitif merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan belajar seseorang.
Kata kunci: Fisiologi Tumbuhan, Hasil belajar, Keterampilan Metakognitif
Bibliliografi : lembar 51 - 54
SS00012399 | SK 12399 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain