Text
Meningkatkan gerak dasar melempar bola besar dalam pembelajaran pendidikan jasmani melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas IV SD : penelitian tindakan kelas di SDS Budi Wanita Setiabudi Jakarta Selatan
MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR MELEMPAR BOLA BESAR MELALUI PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDS Budi Wanita Setiabudi Jakarta Selatan) (2017) Wafiqul Haq Maulana Fadhilah ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang peningkatan kemampuan gerak dasar melempar bola besar melalui pembelajaran saintifik dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDS Budi Wanita Setiabudi Jakarta Selatan dimulai pada bulan November sampai bulan Desember 2016, menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase kemampuan gerak dasar melempar bola besar meningkat 18% dari 77% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Adapun data untuk pemantau tindakan pembelajaran melalui pembelajaran saintifik meningkat 20% dari 75% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran saintifik dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar melempar bola besar dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan pembelajaran saintifik dapat dijadikan cara untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar melempar bola besar di kelas IV SDS Budi Wanita Setiabudi Jakarta Selatan. Kata Kunci: Gerak dasar melempar bola besar, pembelajaran saintifik Bibliografi : lembar 95-96
SS00012128 | SK 12128 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain