Text
Perbedaan perencanaan karir siswa berdasarkan kelas sosial : studi komparatif pada siswa kelas IX di SMP Negeri se-Kecamatan Bekasi Selatan
ABSTRAK
Safira Luthfiannisa. Perbedaan Perencanaan Karir Siswa Berdasarkan Kelas Sosial (Studi Komparatif untuk siswa kelas IX se-Kecamatan Bekasi Selatan). Skripsi. Jakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perencanaan karir siswa berdasarkan tiga kelas sosial yaitu: kelas atas, kelas menengah dan kelas bawah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 225 siswa, yaitu siswa kelas atas sebanyak 75 siswa, kelas menegah 75 siswa dan kelas bawah sebanyak 75 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non-Probability Sampling jenis Quota Sampling. Instrumen penelitian dianalisis berdasarkan 3 jenjang kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan teknik uji Kruskal Wallis dalam SPSS 20 diperoleh hasil bahwa nilai Assymp. Sig. sebesar 0.002. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan perencanaan karir siswa berdasarkan kelas sosial atau H1 diterima. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan informasi untuk berbagai pihak, khususnya guru BK dalam memberikan layanan bimbingan karir dalam bentuk preventif dan kuratif sesuai dengan tugas perkembangan karir siswa dan dapat mempertimbangkan kelas sosial sebagai bagian dari faktor perencanaan karir dan kecenderungan arah pilihan karir siswa.
Kata Kunci: Perencanaan Karir,Kelas Sosial. Bibliografi : lembar 655
SS00012245 | SK 12245 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain