Text
Kajian kurikulum pendidikandan latihan SAR tingkat dasar Basarnas sebagai core curriculum berdasarkan model pengembangan Hilda Taba
KAJIAN KURIKULUM PENDIDIKAN DAN LATIHAN SAR TINGKAT DASAR BASARNAS SEBAGAI CORE CURRICULUM BERDASARKAN MODEL PENGEMBANGAN HILDA TABA (2017) Nur Hidayati
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kurikulum Diklat SAR Tingkat Dasar Basarnas sebagai core curriculum berdasarkan model pengembangan Hilda Taba. Adapun objek kajian tersebut adalah pada penyusunan dan pengembangan kurikulum Diklat SAR Tingkat Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan survey.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen, penyebaran angket, dan wawancara. Penyebaran angket dan wawancara dilakukan kepada tim penyusun kurikulum diklat dan instruktur sebagai responden.
Sementara studi dokumen dilakukan oleh peneliti sendiri. Hasil penelitian menunjukkan proses penyusunan dan pengembangan kurikulum Diklat SAR Tingkat Dasar sebagian besar telah dilaksanakan sesuai dengan model
pengembangan kurikulum Hilda Taba terbukti dengan hasil persentase yang didapat yakni 95%.
Kata kunci: kurikulum, pengembangan kurikulum, pendidikan dan latihan, pelatihan teknis, Hilda Taba
Bibliografi : lembar 88 -90
SS00012246 | SK 12346 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain