Text
Pengaruh lingkungan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa MAN Jakarta Timur
ABSTRAK
Nandya Dewi. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi pada Siswa MAN Jakarta Timur. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2017
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data dan fakta dari pengaruh lingkungan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa MAN Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MAN Jakarta Timur dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling atau secara acak sederhana dengan persentase pengambilan sampel 25% dari total keseluruhan 8 sekolah sehingga penelitian dilakukan pada 3 (tiga) MA Negeri di Jakarta Timur dan akan dipilih secara acak dengan total sampel siswa adalah 94 orang. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 10,850 + 0,462X1 + 0,383X2. Hasil uji normalitas Kolmogorov-smirnov test menyatakan bahwa data berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji regresi dengan model analisis jalur menghasilkan Fhitung (46,904) > Ftabel (3,10), maka variabel lingkungan belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap hasil belajar ekonomi. Hasil perhitungan juga menunjukkan bahwa thitung variabel lingkungan belajar sebesar 5,713 dan thitung variabel kemandirian belajar sebesar 4,731 dengan ketentuan ttabel sebesar 1,661. Berdasarkan hasil perhitungan uji t tersebut dapat diketahui bahwa thitung>ttabel, sehingga Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar dan kemandirian belajar berhubungan positif dan signifikan secara parsial terhadap hasil belajar ekonomi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari lingkungan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil uji parsial dapat diketahui bahwa nilai koefisien korelasi dari lingkungan belajar terhadap hasil belajar ekonomi didapat 0,462 menunjukkan hubungan keduanya kuat sedangkan nilai koefisien regresi dari kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi diperoleh 0,383 menunjukkan bahwa hubungan keduanya cukup kuat dan nilai koefisien regresi dari lingkungan belajar terhadap kemandirian belajar diperoleh 0,416 menunjukkan bahwa hubungan keduanya cukup kuat
Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar.
Bibliografi : lembar 94-96
SS00012404 | SK 12404 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain