Text
Pengembangan video kimia online berbasis pembelajaran kontekstual kelas XI pada materi asam basa
ABSTRAK
WANDA AMELIA RAHMA. Pengembangan Video Kimia Online Berbasis Pembelajaran Kontekstual Kelas XI pada Materi Asam Basa. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran kontekstual sebagai media pembelajaran kimia pada materi asam basa di kelas XI MIA MAN 3 Jakarta. Penelitian dilaksanakan di MAN 3 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) dengan tahap-tahap: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal produk, (4) uji lapangan awal, (5) revisi produk, (6) uji lapangan utama, (7) revisi produk operasional, (8) uji lapangan operasional, (9) revisi produk akhir. Video pembelajaran kontekstual yang dikembangkan dapat diakses secara online melalui youtube. Pengembangan produk ini menggunakan beberapa fasilitas perangkat lunak (software) yaitu: Program Power Point, PDF, Photoshop, After Effect, Sony Vegas, dan Format Factory. Video ini dibuat dengan animasi menarik dan dikaitkan dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil uji coba produk pada tahap akhir dari ahli materi dan media berkisar 75%-100% yang berarti baik-sangat baik. Sedangkan hasil uji coba produk kepada peserta didik dan guru pada skala besar berkisar 81,3%-88,9% yang berarti sangat baik. Oleh karena itu, berdasarkan hasil interpretasi dan uji coba yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa video kimia online yang dikembangkan sudah sangat baik dan dapat digunakan untuk media pembelajaran kimia pada materi asam basa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran kimia berbasis kontekstual dan dasar pengembangan media pembelajaran online untuk materi kimia lainnya.
Kata kunci: Asam basa, Kontekstual, Media, Online, Video
Bibliografi lembar 76 - 79
SS00012251 | SK 12251 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain