Text
Pengaruh kesadaran merek, iklan televisi, dan harga terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent : studi kasus pada konsumen di perusahaan komplek pajak Kelurahan Cipadu Jaya Kota Tangerang
ABSTRAK
Nurul Harmeynita Janrina Siregar. 8215139049. Pengaruh Kesadaran Merek, Iklan Televisi, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pasta Gigi Pepsodent (Studi Kasus pada Konsumen di Perumahan Komplek Pajak KelurahanCipaduJayaKotaTangerang).2016.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menguji secara empiris pengaruh iklan televisi (television advertising) terhadap kesadaran merek (brand awareness) produk pasta gigi Pepsodent, (2) Menguji secara empiris pengaruh harga (price) terhadap kesadaran merek (brand awareness) produk pasta gigi Pepsodent, (3) Menguji secara empiris pengaruh iklan televisi (television advertising) terhadap keputusan pembelian (purcashing decision) produk pasta gigi Pepsodent, (4) Menguji secara empiris pengaruh harga (price) terhadap keputusan pembelian (purcashing decision) produk pasta gigi Pepsodent, dan (5) Menguji secara empiris pengaruh kesadaran merek (brand awareness) terhadap keputusan pembelian (purchasing decision) produk pasta gigi Pepsodent. Populasi dalam penelitian ini yaitu warga Komplek Pajak Kelurahan Cipadu Jaya Kota Tangerang yang membeli dan menggunakan pasta gigi produk Pepsodent sebanyak 720 warga. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan teori Roscoe yaitu sebanyak 200 responden. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode analisis untuk pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS untuk uji instrument dan LISREL versi 8.7 untuk confirmatory factor analysis, uji t serta pengaruh langsung dan tidak langsung. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan:(1) Variabel iklan televisi terhadap kesadaran merek pada model produk pasta gigi Pepsodent memiliki nilai standardizedtotaleffects sebesar 0.24dan t-value sebesar 2.81, sehingga hipotesis 1 yang menyatakan iklan televisi terhadap kesadaran merek berpengaruh sebesar 24% dan dapat diterima, (2) Variabel harga terhadap kesadaran merek pada model produk pasta gigi Pepsodent memiliki nilai standardized total effects sebesar 0.43 dan t-value sebesar 5.12, sehingga hipotesis 2 yang menyatakan harga terhadap kesadaran merek berpengaruh sebesar 43% dan dapat diterima, (3) Variabel iklan televisi terhadap keputusanpembelian pada model produk pasta gigi Pepsodent memiliki nilai standardized total effects sebesar 0.29 dan t-value sebesar 2.86, sehingga hipotesis 3 yang menyatakan iklan televisi terhadap keputusan pembelian berpengaruh sebesar 29% dan dapat diterima, (4) Variabel harga terhadap keputusanpembelian pada model produk pasta gigi Pepsodent memiliki nilai standardized total effects sebesar 0.28 dan t-value sebesar 3.46, sehingga hipotesis 4 yang menyatakan harga terhadap keputusanpembelian berpengaruh sebesar 28% dan dapat diterima, dan (5) Variabel kesadaran merek terhadap keputusanpembelian pada model produk pasta gigi Pepsodent memiliki nilai standardizedtotaleffects sebesar 0.40dan t-value sebesar 2.44, sehingga hipotesis 5 yang menyatakan kesadaran merek terhadap keputusanpembelian berpengaruh sebesar40%dandapatditerima.
KataKunci:IklanTelevisi,Harga,KesadaranMerek,KeputusanPembelian
Bibliografi : lembar 97-100
SS00012409 | SK 12409 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain